Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Perhatikan, Ini Penyebab Bau Mulut yang Perlu Anda Waspadai

PUNYA nafas segar membuat orang lebih pede untuk berkomunikasi dengan lawan bicara. Sayang, tak jarang yang dihantui dengan masalah pernafasan sehingga menimbulkan rasa tidak percaya diri ketika berdekatan dengan orang lain.

Nah, untuk terhindar dari kondisi bau mulut seperti dilansir The Sun, ada beberapa gejala bau mulut yang harus diketahui. Berikut ulasannya:

1. Radang amandel

Jika nafas Anda mengeluarkan bau tak sedap, misalnya menyerupai daging yang sudah mulai membusuk, bisa jadi pertanda Anda menderita tonsilitas.

“Ketika amandel Anda terinfeksi dan meradang itu menyulitkan bakteri anaerob di bagian belakang lidah untuk memecah bahan kimia seperti biasanya. Bakteri penghasil sulfur berkembang biak jauh di dalam radang amandel yang terinfeksi. Ini bau belerang, mirip dengan daging busuk, yang membuat bau napas sangat buruk ketika seseorang menderita tonsilitis atau batu amandel,” kata salah satu ahli, yang juga pendiri The Breath Company Harold Katz.

2. Masalah hati

“Dalam kasus yang jarang bau ini juga bisa dipucu dari sirosis hati,” kata Katz.

Sirosis adalah jaringan parut pada hati yang disebabkan oleh kerusakan hati jangka panjang, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gagal hati, yang dapat berakibat fatal, jadi temui dokter langsung.

3. Abses gigi

Abses gigi juga diyakini bisa menyebabkan bau yang sama, yakni tidak sedap. Absesi gigi sendiri adalah infeksi gigi yang parah yang terjadi ketika pulpa di dalam gigi meluruh.

Baca juga:  Kenali 6 Manfaat Asuransi Perjalanan Saat Liburan

Abses gigi juga dapat menyebabkan infeksi bakteri dan penumpukan nanah di gusi serta rasa sakit dan bengkak.

Untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami bau mulut, biasakan diri untuk berkumur dan minum air bening, sikat gigi, dan alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter.

(Sumber: Okezone)

Tags: