Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Peran Aktif MNC Trijaya FM Lindungi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja

Foto : MNC Media

SEMARANG – Prime Topic MNC Trijaya FM menyoroti kekhawatiran masayarakat tentang perkembangan perilaku anak-anak dan remaja di luar rumah jaman sekarang kian sulit dikontrol orang tua. Oleh Menjawab kehawatiran tersebut, MNC Trijaya FM menggelar Prime Topic dengan mengangkat tema “Degradasi Moral dan Kenakalan Remaja” yang berlangsung di Lobi Gets Hotel Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Sebut saja kemunculan Geng motor 69 yang merupakan salah satu contoh buruk kegiatan negatif anak – anak dibawah umur sempat meresahkan warga Kota Semarang. Bahkan, perilaku dan aktifitas dari geng motor tersebut melebihi batas kewajaran kenakalan remaja.

Video : Elok Nuriyatur Rosyidah

Hadirnya fenomena kenakalan remaja ini jelas menjadi sorotan para legislatoer. Anggota Komisi E DPRD Jateng, Abdul Hamid mengimbau kepada orang tua untuk lebih mengasah emosional anak. “Sekarang ini anak-anak paling suka main gadget. Di dalam gadget, ada konten dewasa, termasuk kekerasan, bisa diakses. Ini yang juga perlu dikontrol orang tua,” ungkap Hamid saat berbicara dalam Diskusi Prime Topic MNC Trijaya FM

Menurutnya, dengan menggunakan media sosial, anak-anak bisa bergaul dengan siapa saja tanpa diketahui orang tuanya. “Karena itu, orang tua perlu tahu konten-konten dan perbincangan soal apa yang dilakukan anak lewat gadget,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kepemudaan, Pemuda, dan Olahraga (Disporapar) Jateng Sinung N Rachmadi mengatakan bahwa peran keluarga memang sangat penting untuk menjaga pola emosional anak-anak hingga tumbuh remaja.
“Perlu ada pendidikan karakter yang bisa mengolah emosional, bukan hanya intelektual. Karena kabarnya, kecerdasan intelektual hanya berpengaruh 20% saja pada tingkah laku. Sisanya, yang 80%, tergantung dari kecerdasan emosional,” ungkap Sinung.
Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya mengarahkan remaja untuk berkegiatan positif dan bermanfaat. “Kami sudah punya wadahnya. Bisa lewat kegiatan, dan lain sebagainya. Tinggal bagaimana mereka mau ikut di sini,” katanya.

Tags: