Ketik pencarian Anda

MNC Peduli

Penyebab Utama Kebutaan adalah Katarak, MNC Peduli Giat Operasi Katarak & Pterygium

Upaya yang dilakukan MNC Peduli untuk memberantas kebutaan mata akibat penyakit katarak melalui bakti sosial berupa operasi gratis terus digelar. Sepanjang tahun 2017, ada empat kegiatan Baksos Operasi Katarak dan Pterygium yang dihelat MNC Peduli.

Kegiatan pertama digelar di Semarang pada 18-19 Agustus 2017 dan diikuti sebanyak 102 pasien. Pada acara ini, MNC Peduli bekerja sama dengan SMC RS Telogorejo, Semarang sebagai tempat pelaksanaan operasi.

Kemudian pada 21 Oktober 2017, MNC Peduli dan PERDAMI (Persatuan Dokter Spesialis Mata) Cabang Malang Raya bersinergi melakukan baksos operasi katarak. Sebanyak 83 pasien dari target 100 penderita katarak di Tulungagung, Jawa Timur mendapat kesempatan melakukan operasi gratis.

Di bulan yang sama, MNC Peduli jalin kerjasama dengan SMC RS Telogorejo menggelar bakti sosial operasi gratis hernia, katarak, dan bibir sumbing untuk masyarakat Semarang, Jawa Tengah, dan sekitarnya pada 28 Oktober 2017. Kali ini, jumlah pasien operasi katarak sekitar 120 orang.

Kegiatan yang ke empat diselenggarakan di Sukabumi pada 18 November 2017 dan bekerja sama dengan RS Islam Assyifa Sukabumi. Sebanyak 52 pasien mendapat layanan dan berhasil di operasi Katarak dan Pterigium.

Menurut data dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Penyebab utama kebutaan di Indonesia adalah katarak. Sedangkan penyebab utama gangguan penglihatan adalah kelainan refraksi.

Survei kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) yang dilakukan Perhimpunan Dokter Ahli Mata Indonesia (PERDAMI) dan Badan Litbangkes, tahun 2014-2016 di 15 provinsi pada penduduk diatas usia 50 tahun menunjukkan prevalensi kebutaan sebesar 3%.

Baca juga:  MNCTV Kembali Gelar Pemeriksaan Mata dan Bagikan Kacamata Gratis

Penyebab katarak salah satunya adalah usia lanjut yang akan berdampak pada peningkatan gangguan penglihatan secara langsung (katarak) dan secara tidak langsung (retiniopati diabetikum).

Gangguan penglihatan jika tidak ditangani dengan serius bisa menyebabkan kebutaan total sehingga mempengaruhi produktivitas dan kualitas hidup masyarakat.

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1