Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Peneliti Ungkap Manfaat Futsal Bagi Jantung dan Pembuluh Darah

JAKARTA – Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI), Hary Tanoesoedibjo bertekad memperkuat olah raga futsal hingga mengakar ke seluruh pelosok daerah.

Hary Tanoe menyampaikan, untuk membesarkan futsal di Indonesia harus membangun futsal di daerah. “Fondasi harus kuat, kalau tingkat nasional saja yang kuat tanpa membangun akar di daerah, futsal sulit betul-betul mengakar,” ujar Hary Tanoe.

Hal ini tentu beralasan selain ingin memajukan Futsal, olahraga tersebut juga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan.

Peneliti kembali menemukan manfaat bermain futsal. Tak hanya menyenangkan, olahraga ini baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian ini dilakukan oleh Peter Krustrup dari University of Southern Denmark.

Menurut Peter olahraga yang digemari banyak orang ini memberikan manfaat yang sama dengan lari dan zumba. Di mana rutin bermain bola dapat membuat kadar kolesterol lebih rendah, tekanan darah terjaga serta denyut jantung saat istirahat menjadi lebih baik.

“Main bola bermanfaat untuk semua orang dari berbagai kalangan, jenis kelamin, usia hingga kebugaran. Tak perlu punya teknik yang hebat, main bola untuk rekreasional saja sudah memiliki manfaat baik,” kata Peter.

Penelitian ini menganalisis 31 jurnal yang melihat manfaat olahraga sepakbola terhadap tekanan darah, denyut jantung saat istirahat dan kadar kolesterol. Hasilnya menunjukkan, tekanan darah orang yang main bola lebih baik dibandingkan yang tidak sama sekali.

Baca juga:  Pentingnya Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terkait Penanggulangan Kanker di Indonesia

Bermain bola juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah pengidap hipertensi dengan tekanan darah 11 mmHg. Denyut jantung mereka juga lebih baik saat istirahat, yaitu 6 denyut per menit lebih lambat. Kadar kolesterol dan lemak tubuh juga lebih rendah serta kemampuan melompat lebih baik.

Sepak bola bisa menjadi alternatif bagi mereka yang enggan mengunjungi gym untuk berolahraga. Namun, banyak jenis olahraga lainnya yang bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

“Sepakbola adalah olahraga yang sangat populer, murah, dan mudah dilakukan. Peraturannya pun tidak rumit, dan siapa saja bisa memainkannya,” papar Andre Seabra, pakar kedokteran olahraga dari University of Porto seperti dilansir dari Reuters.

(Sumber: Sindonews)

Tags: