Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Peduli MNC Terkini

MNC Peduli Beri Keceriaan Anak-Anak Pasca Bencana

Foto : MNC Peduli

JAKARTA – Kepedulian terhadap masa depan anak-anak Indonesia ternyata menjadi satu perhatian bagi MNC Peduli. Bencana Tsunami yang melanda wilayah Banten akhir 2018 kemarin bukan akhir dari cerita bagi anak-anak yang kehilangan anggota keluarganya dana mengalami gangguan psikologis.

MNC Peduli dengan sigap menggelar kegiatan trauma healing camp (penyembuhan trauma) pasca bencana di Pandeglang. Kegiatan ini bekerja sama dengan relawan yang dikoordinir oleh Laz Harfa dan guru SD Negeri Teluk 3, yang sebelumnya telah dilatih secara khusus oleh MNC Peduli.

Ketua III MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, MNC Peduli ingin membantu masyarakat dengan bergerak khususnya untuk pemulihan anak-anak korban bencana alam. Ia mengingatkan jika dampak tsunami bukan hanya dilihat secara materi, tetapi psikologis anak-anak adalah yang utama.

MNC Peduli Kembalikan Keceriaan Anak Pasca Gempa

Kondisi anak – anak punya kecenderungan cepat trauma namun cepat lupa sebab anak – anak bergantung pada lingkungan, sehingga jika pemicu itu hadir seperti dalam hal ini adalahbencana tsunami maka akan muncul satu trauma yang membuat mereka menjadi rentan. Oleh karenya MNC Peduli memandang anak – anak jadi target prioritas untuk mendapat perlindungan secara psikis agar dapat pulih kembali.

Video : Elok Rosyidah

Jessica kemudian menuturkan saat trauma camp ada beberapa variasi kegiatan yang menyenangkan untuk diberikan kepada anak-anak terkait cara menghilangkan trauma tersebut, seperti bercerita, bermain, menggambar, membuat kerajinan tangan, dan kegiatan lainnya.

Baca juga:  Karya Jurnalistik Kemanusiaan MNCTV Kembali Jadi Jawara

“Kali ini MNC Peduli mengadakan camp selama seminggu dengan banyak permainan dan cerita untuk membantu, memberikan harapan, kepercayaan diri, dan motivasi di dalam diri anak-anak. Harapannya tentu secara psikologis, anak- anak yang terkena dampak bencana ini dapat pulih dari stres dan trauma untuk segera bangkit dan normal kembali,” ujar Jessica

Direktur Laz Harfa Indah Prihanande menuturkan, kegiatan trauma healing sangat tepat dengan kebutuhan anak-anak di daerah setempat. “Ketika bencana terjadi, hal mendasar yang biasanya trauma adalah anak-anak. Dan ketika MNC Peduli meminta kami support acara ini, kami mendukung MNC Peduli,” kata Indah di Banten.

Trauma healing camp MNC Peduli berlangsung selama 5 hari, sejak 4-8 Februari. Kegiatan sosial ini diikuti sebanyak 150 anak-anak terdampak bencana tsunami di Banten. Rata-rata anak-anak yang dilibatkan berusia 6-11 tahun.

Program trauma healing ini didukung tenaga profesional dan relawan yang menggunakan metode pemulihan trauma dalam bentuk bermain. Tim trauma healing sengaja membuat suasana camp menyenangkan agar mengalihkan fokus anak dari ingatan situasi saat terjadinya bencana.

Tags: