Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Olahraga Lompat Tali Efektif Bakar Kalori

JAKARTA – Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa skipping atau lompat tali merupakan olahraga sederhana yang efektif membakar kalori. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu skipping 10 menit setiap hari.

Dilansir Menshealth, penelitian ini melakukan percobaan selama enam minggu. Hasilnya ditemukan bahwa responden yang rutin melakukan skipping memiliki kesehatan kardiovaskular yang lebih baik. Hasil ini sama manfaatnya dengan jogging 30 menit setiap hari.

Manfaat lainnya adalah gerakan skipping yang dilakukan dengan kecepatan sedang memberikan manfaat sama seperti lari dengan durasi delapan menit. Per menitnya olahraga ini juga mampu membakar banyak kalori sehingga efektif memperkuat otot dibandingkan olahraga renang atau dayung.

“Banyak manfaat yang bisa diambil dari olahraga skipping. Mulai dari meningkatkan level kardiovaskular, fleksibilitas, ritme, pembentukan otot, bahu, lengan dan kaki,” kata petinju sekaligus pelatih di Rumble Boxing, New York, Jeremiah Maestre.

Kabar baik lainnya, skipping minim menimbulkan risiko. Profesor dan Pakar Kardiologi di Pusat Kebugaran Universitas Connecticut, Peter Schulman menilai skipping memberikan banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya baik untuk jantung. “Ini bisa menguatkan bagian atas dan bawah tubuh serta membakar banyak kalori dalam waktu singkat,” ujar Peter.

Meski terbukti efektif membakar kalori, namun hal ini tergantung dari gaya lompat yang dilakukan. Untuk memulai olahraga ini, Maestre menyarankan mengangkat kedua kaki dengan sekali lompatan dan berganti kaki. Jika sudah terbiasa, Anda bisa melanjutkan dengan satu kaki atau lompatan tinggi dan memutar.

Baca juga:  Info Liga Inggris: Kagumi Pemain Liverpool, Pengelola Akun Twitter Ini Masuk Islam

Menariknya, olahraga sederhana ini bisa dilakukan di mana saja. Anda pun tidak perlu menghabiskan banyak uang karena cukup menggunakan jump rope.

Sumber: Sindonews.com

Tags: