Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Okezone Goes To Campus: Tangkal Hoaks di Era Digital

JAKARTA – Derasnya arus informasi di media sosial membuat penyebaran hoaks atau berita palsu semakin mudah diterima masyarakat. Apalagi masyarakat terbiasa mendapatkan informasi dari media sosial.

Hal itu menjadi salah satu pokok bahasan Wakil Pemimpin Redaksi Okezone Fetra Hariandja dalam acara Okezone Goes To Campus di Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Dia menegaskan, sebagai media online arus utama tentu pemberitaan di Okezone.com harus melalui proses verifikasi sehingga yang disampaikan adalah fakta. Hal ini menjadi bagian terpenting untuk melawan hoaks.

Dia mencontohkan, seperti informasi peristiwa bom di Surabaya yang kemudian juga dikabarkan terjadi teror serupa di Duren Sawit, Jakarta. Okezone pun memastikan untuk mendapat konfirmasi pihak Kepolisian sebelum menjadikannya berita dan ternyata kabar bom di Duren Sawit tersebut tidak benar alias hoaks.

“Itu kami lakukan sehingga pemberitaannya berupa fakta. Tak semua informasi bisa jadi berita kecuali itu ada pernyataan resmi sedaknya dari media sosial resmi badan tersebut. Bila informasi hoax itu meresahkan masyarakat, tentu Okezone akan melakukan konfirmasi ke pihak berwenang untuk membanu masyarakat, ” paparnya.

Fetra pun mengimbau masyarakat untuk bijak menggunakan medsos. Salah satunya dengan hanya menerima pertemanan yang berdampak positif, memfilter informasi yang didapat, serta tak mudah memberikan data diri yang lengkap di medsos.

“Jangan juga semua komentar teman kita, kita tanggapi terus di medsos. Ini bisa membuat kita stress,” ujarnya.

Baca juga:  Mister Aladin Hadirkan Fitur Canggih Tours & Activities untuk Travellers

Okezone Goes to Campus kali ini digelar dengan mengusung tema ‘Bijak dan Smart Menggunakan Media Sosial’. Event ini mengajak para mahasiswa UMB untuk lebih cerdas menggunakan sosial media, terlebih semakin maraknya penyebaran berita hoaks akhir-akhir ini.

Selain Wakil Pemimpin Redaksi Okezone Fetra Malona Hariandja, para pakar media yang turut hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut di antaranya Founder ICT Watch Donny BU, dan Kabid Broadcasting UMB Dr Afdal Makkuraga Putra.

Sementara itu, Afdal Makkuraga Putra menyatakan, salah satu hal yang dilakukan untuk melawan penyebaran hoax adalah dengan melihat dari informasi tersebut.

Seperti pada pemberitaan yang tersebar di medsos, penting untuk melihat judul berita apakah provokatif atau tidak. Kemudian, perlu melihat sumber berita tersebut dan memastikan citra media tersebut.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1