Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Musim Hujan Tiba, Waspadai 5 Penyakit Ini!

Foto: MNC Media

JAKARTA – Musim hujan telah tiba, ada baiknya kita mulai menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Sebab, hujan rintik-rintik, gerimis, angin kencang, hingga hujan lebat yang menerjang, tak jarang membuat tubuh rentan diserang penyakit.

Apalagi jika Anda memiliki segudang aktivitas di luar ruangan. Pergantian musim kemarau ke musim hujan inilah yang kemudian menyebabkan tubuh rentan terkena penyakit.

Apa saja penyakit yang menghantui di musim hujan? Simak informasinya di bawah ini seperti dilansir dari iNews.id, Selasa (17/12/2019):

1. Flu

Berdasarkan penelitian dari Universitas Yale, penurunan suhu dapat menyebabkan virus penyebab flu berkembang biak lebih cepat. Udara dingin akibat musim hujan juga dapat memicu perubahan dalam sistem imun dan mengganggu kinerja protein dalam tubuh yang berfungsi untuk membunuh virus.

2. Sakit Kepala

Udara dingin akibat hujan dan angin kadang menimbulkan sakit di bagian kepala seperti migrain. Pemicunya antara lain perubahan cuaca sehingga menimbulkan ketidakstabilan komponen kimiawi dalam otak. Selain itu, cuaca yang terlalu dingin bisa membuat pembuluh darah menyempit. Hal tersebut kemudian dapat menghambat sumplai darah menuju ke otak yang mengakibatkan sakit kepala.

3. Gangguan Pencernaan

Selanjutnya, penyakit umum yang mengganggu di akhir tahun adalah gangguan pencernaan seperti diare. Diare biasanya ditandai dengan buang air besar yang encer seperti air. Penyakit ini umumnya dianggap enteng, namun jika tidak segera mendapatkan penanganan, diare bisa berakibat fatal karena bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi.

Baca juga:  Galeri Investasi MNC Sekuritas Hadir di Perbanas Institute

Gangguan pencernaan lain yang mungkin dialami di antaranya tifoid atau penyakit tifus abdominalis, peradangan yang terjadi pada usus karena infeksi bakteria. Umumnya, penyakit ini menyerang anak-anak melalui makanan dan minuman yang terinfesi bakteri salmonella.

4. Gangguan Pernapasan

Adanya gangguan dalam saluran pernapasan juga bisa dialami saat musim hujan. Gejala yang umum biasanya, batuk, bronkhitis, pilek, hingga demam. Biasanya, peningkatan suhu tubuh atau demam lebih banyak menyerang anak-anak daripada orang dewasa. Hal ini terjadi karena musim hujan umumnya memiliki kualitas udara yang lembap dan berhawa dingin.

5. Demam Berdarah

Hujan sangat erat kaitannya dengan genangan. Genangan itu bisa berada di mana saja, di luar rumah maupun dalam rumah. Inilah yang harus diwaspadai karena genangan biasanya menjadi tempat nyamuk aedes aegypti berkembang biak. Apalagi di musim hujan terjadi peningkatan populasi nyamuk penyebab demam berdarah tersebut.

Untuk menjaga tubuh tetap fit dan bisa beraktivitas dengan nyaman selama musim hujan, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, contohnya kacang-kacangan serta sayur dan buah. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu membersihkan radikal bebas penurun fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, tetap teratur berolahraga. Terakhir, biasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan. Sebab, menjaga kebersihan diri dapat mengurangi risiko menderita penyakit menular, seperti diare, batuk, dan flu. Cara memelihara kebersihan diri sebenarnya tidak sulit, contohnya rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan tisu atau sapu tangan untuk menutup hidung dan mulut ketika batuk dan bersin, serta membuang sampah pada tempatnya.