Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Mudik ke Malang, Ini Lokasi Liburan yang “Recommended”

Foto : Instagram

JAKARTA – Ada rencana untuk muduk ke Malang, Jawa Timur? Ada baiknya, kamu mengunjungi tempat wisata yang dijamin recommended buat kamu.

Malang sendiri memiliki keindahan alam seperti gunung, pantai, museum, kuliner, hingga taman rekreasi. Tak sedikit pula yang menyebut Malang sebagai Paris van East Java karena kondisi alam yang indah dan kotanya yang bersih.

Dari sekian banyak destinasi wisata di Malang, pantai menjadi destinasi yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berpasir putih, eksotis, dan beberapa memiliki cerita mistis. Banyak pantai di Malang selatan yang keindahannya luar biasa, seperti Pantai Batu Bengkung, Pantai Ngudel, Pantai Parang Dowo, Pantai Goa Cina, dan pantai-pantai baru lainnya seperti Pantai Sumenggung.

Pantai ini masih alami, asri, dan tersembunyi. Berada di sebelah Pantai Gua Cina, Pantai Sumenggung juga memiliki pulau kecil di seberangnya. Pantai ini memang tidak begitu luas, namun pasir putihnya yang lembut dengan laut biru kehijauan, membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

Di sekitar pantai juga terdapat pepohonan dan batu karang berukuran besar yang menjadi hiasan. Terlihat indah dan memesona. Keunikan pantai ini adalah karakter ombak yang tak menentu. Kadang tenang, namun tiba-tiba ombak bisa menjadi besar. Karena itu, harus tetap waspada ketika mengunjungi pantai ini.

“Pantai Sumenggung tetap mengusung keeksotikan khas Pantai Malang Selatan. Pasir putih nan lembut itu terhampar di permukaannya yang tak luas, sementara gelombang ombak cukup labil, kadang tenang kadang menggila. Jadi tetap hati-hati ya, guys,” tulis Instagram @ayodolan, sebagaimana dikutip dari iNews.id.

Baca juga:  Semangat Baru dari Para Semifinalis MoJoC 2019

Di Pantai Sumenggung, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bermain air, pasir, volly pantai, jelajah pantai, maupun selfie berlatar belakang laut, serta pulau kecil yang menjadi ikon pantai ini. Jika suka memancing, pantai ini adalah surganya aktivitas rockfishing.

Kekhasan pantai ini terutama diperkuat oleh pulau kecil di seberangnya. Pantai Sumenggung juga tempat ideal menikmati saat-saat matahari terbit dan terbenam. Sangat direkomendasikan bagi para pemburu sunrise dan sunset.

Berada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, jarak dari Kota Malang sekitar 75 km. Jarak ini biasanya dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam. Akses jalan menuju Pantai Sumenggung relatif sulit dan butuh tenaga ekstra. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi hingga tempat parkir yang berada di Pantai Gua Cina.

Disarankan membawa perlengkapan dan bekal makanan yang cukup. Di sana belum tersedia fasilitas apa pun karena baru dibuka untuk umum. Jika ingin berkemah, sebaiknya di sekitar Pantai Gua Cina karena banyak orang berjualan dan fasilitas pendukung jika terjadi hal darurat. Tiket masuk Pantai Sumenggung sudah menjadi satu dengan Pantai Gua Cina, Rp10.000, dengan biaya parkir Rp5.000.