Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Mudik ke Cirebon? Inilah 10 Destinasi Wisata Wajib Singgah!

Foto: Pixel

Updaters, apakah Anda akan mudik ke Cirebon, Jawa Barat? Jika ya, Anda harus memasukkan 10 destinasi ini dalam daftar liburan! Wilayah yang dapat ditempuh 3 jam dari Jakarta ini, ternyata memiliki banyak tempat menarik.

“Bagi yang ingin jalan-jalan atau #PesonaMudik2019 ke Cirebon, wisata religi, sejarah dan budaya. Silakan kunjungi beberapa lokasi yang menarik untuk disimak, dinikmati, dan populer di sana,” ucap Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, seperti dikutip Sindonews pada Rabu (14/5/2019).

Berikut adalah 10 destinasi wisata Cirebon yang bikin liburan Anda kian asyik.

1. Taman Sari Gua Sunyaragi


Taman gua ini dulunya merupakan tempat meditasi bagi para pemuka kerajaan. Keaslian bangunan kuno masih terasa murni hingga saat ini. Warga lokal kerap menjadikan tempat ini sebagai lokasi berburu foto. Taman Sari Gua Sunyaragi pun sering dijadikan lokasi pagelaran musik, sendratari, hingga pembukaan Festival Keraton Nusantara yang dilaksanakan setahun sekali. Taman Sari Gua Sunyaragi dibuka untuk umum setiap hari.

2. Masjid Raya At-Taqwa

Masjid Raya At-Taqwa adalah masjid terbesar di Kota Cirebon. Beralamat di Jalan Kartini, Kota Cirebon, Anda dapat beribadah dan menikmati nuansa religius Islam yang kental.

3. Ade Irma Suryani Waterland


Ade Irma Suryani Waterland merupakan destinasi wisata air terbaru yang terdapat di Cirebon. Berlokasi di tepi pantai utara Cirebon, Ade Irma Suryani Waterland dilengkapi 40 cottage di pinggir pantai. Harga sewa cottage per harinya berkisar Rp1 juta hingga Rp2,5 juta.

Baca juga:  Trik Traveling Menyenangkan dan Nyaman Sepanjang Hari

4. Keraton Kasepuhan Cirebon


Belum ke Cirebon namanya apabila tidak mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton ini didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada masa penyebaran agama Islam, sekitar tahun 1529. Akses menuju keraton tersebut dapat ditempuh 30 menit dari Stasiun Kejaksan, dan 30 menit dari Terminal Bus Harjamukti.

5. Kampung Batik Trusmi


Kampung Batik Trusmi menjadi pusat batik Cirebon. Mulai dari batik megamendung, batik keraton, dan batik pesisir diproduksi di sini. Motif batik-batik itu muncul dari dua keraton, yakni Kanoman dan Kasepuhan. Lebih lengkap, kini Kampung Batik Trusmi membuka museum yang dirilis akhir tahun lalu. Usai berbelanja batik, pengunjung bisa menikmati sejarah dan pembuatan batik yang ada di Cirebon.

6. Masjid Agung Sang Cipta Rasa


Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau biasa dikenal dengan Masjid Agung Kasepuhan, merupakan salah satu masjid tua yang berada di kompleks Keraton Kasepuhan Kota Cirebon. Masjid ini berada di Jalan Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

7. Makam Sunan Gunung Jati


Makam Sunan Gunung Jati menjadi destinasi wisata religi yang istimewa. Gaya arsitektur khas Tiongkok, Jawa, dan Arab pun berpadu sempurna membentuk harmoni yang menakjubkan. Beragam dekorasi porselen khas Tiongkok banyak disematkan di sekitar dinding makam.

8. Pasar Kanoman


Pasar Kanoman terletak di sekitar kawasan Pekalipan, Kota Cirebon. Pasar ini telah lama menjadi penggerak perekonomian Keraton Cirebon. Uniknya, Pasar Kanoman memang tidak hanya sekedar pasar seperti pada umumnya. Pasar Kanoman menjadi penanda bagi keterjalinan antara budaya Cirebon dengan berbagai etnis, terutama etnis Tionghoa.

Baca juga:  VIRAL! Demi Temui Anaknya, Kakek Ini Rela Bersepeda dari Pulau Jawa ke Sumatera

9. Keraton Kacirebonan


Keraton Kacirebonan merupakan keraton yang didirikan atas prakarsa Pangeran Muhamad Haerudhin. Keraton Kacirebonan menyimpan berbagai koleksi benda kuno yang sarat nilai sejarah. Pedang, tombak, sampai alat pembuat jamu atau param yang masih berbentuk batu tersimpan apik. Kitab zaman wali hingga gamelan juga menjadi koleksi andalan, yang dapat disaksikan di ke Keraton Kacirebonan.

10. Telaga Remis


Telaga Remis menawarkan keindahan alam yang sejuk, indah, dan asri. Tak heran jika tempat ini selalu ramai dan menjadi objek foto Instagramable. Telaga Remis menawarkan segarnya pemandangan alam khas kaki Gunung Ciremai, untuk Anda yang ingin melepas penat. Di lahan seluas 3 hektar ini, Anda dapat menjelajahi kawasan hutan sekitar telaga yang didiami ratusan jenis tumbuhan. Telaga Remis turut dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang seperti camping ground, gazebo, tempat makan, dan lahan parkir.

Tags: