Ketik pencarian Anda

MNC Media

MNC Yakin Bakal Dulang Berkah di Tahun Politik

JAKARTA – PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) optimistis akan mendulang berkah di tahun politik. Pasalnya, belanja politik dari partai akan meningkat sehingga akan menggerakkan konsumsi masyarakat.

Akhirnya, perusahaan terutama yang bergerak pada sektor Fast Moving Consumer Goods (FMCG) akan mengantisipasi kondisi tersebut dengan menaikkan belanja iklan.

Direktur Utama MNCN David Fernando Audy menjelaskan, berkah tahun politik akan dirasakan secara tidak langsung oleh industri media. Bukan berarti ada kontribusi dari kandidat partai politik langsung, tetapi lebih kepada imbas positif dari belanja mereka.

“Kalau partai kampanye mereka akan spending bikin kaos dan umbul-umbul, itu akan memberikan stimulus ke rakyat. Di mana mereka akan belanja ke produk-produk FMCG, jadi secara indirect,” ujarnya dalam acara Investor Gathering and Corporate Forum 2018, di Gedung iNews Center, Jakarta, Senin (22/1/2018).

Fenomena tahun politik, disebut Audy, hampir menyerupai masa Ramadan. Ciri khasnya, tingkat konsumsi meningkat, sehingga memunculkan respons dari perusahaan yang dekat dengan konsumsi masyarakat. “Jadi klien perusahaan FMCG akan mengantisipasi itu, mirip kayak Ramadan. Orang iklan banyak karena pas Ramadan mereka akan belanja banyak,” jelasnya.

Biasanya, lanjut dia, momentum Ramadan mampu mengerek peningkatan pendapatan hingga 10% dibanding dengan periode biasa. “Mudah-mudahan (bisa 10%) pas ketika bulan Pilkada,” kata dia.

Untuk diketahui, sepanjang kuartal III-2017 MNCN berhasil membukukan kenaikan pendapatan sebesar 2% dari Rp5,26 triliun pada kuartal III-2106 menjadi Rp5,38 triliun pada periode yang sama di 2017. “Kita lihat nanti 2017, belum tutup buku, tapi harusnya full year lebih baik,” tukasnya.

(Sumber: Okezone)

Tags: