Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

MNC Travel Gaungkan Budaya Indonesia di Denmark

HORSENS – Tepat di pusat kota Horsens, Denmark, 18 siswa SMA yang tergabung dalam Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menampilkan tarian-tarian khas asal Boyolali, Jawa Tengah. Mereka sengaja dikirim oleh Pemerintah Daerah Boyolali dan MNC Travel untuk memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada dunia di Festival Indonesia di Eropa, beberapa waktu lalu.

Tari Jaran Kepang, Tari Kusuma Bangsa, dan Tari Topeng Ireng yang disajikan oleh para siswa itu berhasil merebut perhatian warga Kota Horsen, Denmark. Apalagi, lincah gerakan penari seirama dengan lagu yang didendangkan, serta make-up dan kostum yang mereka kenakan penuh dengan warna, membuat warga yang menyaksikannya sangat antusias.

Walikota Horsens Peter Sorensen menilai tarian-tarian asal Boyolali yang ditampilkan kali ini membangkitkan emosional, sangat bagus, dan menghibur. Selain itu, musiknya pun juga bagus dan sangat profesional.

“Saya pernah melihat banyak tarian asal Asia tapi belum pernah lihat yang seperti ini, wajah mereka juga dirias dengan unik dan sangat menarik,” katanya.

Salah satu tarian yang ditampilkan, Tarian Topeng Ireng khas Boyolali bisa dirasakan keseruannya dengan cara menari bersama dengan penarinya. Tentu saja hal ini bisa memberikan kesan tersendiri bagi warga Horsens.

Salah satu penonton yang hadir asal Belanda, Mandy Hennekam mengaku menyukai dan menikmati tarian-tarian tersebut. “Saya dari belanda, dan pernah melihat tarian serupa tapi beda dengan yang satu ini. Saya menikmati penampilannya dan itu sangat indah untuk disaksikan,” ujarnya.

Baca juga:  Pacu Literasi Keuangan, Kuliah Umum MNC Asset Management Diikuti 300 Mahasiswa UMM Malang

Senada, penonton lainnya, Rasmus Andersen menilai konsep tarian-tarian yang ditampilkan kali ini sangat cantik dan bagus. Ia menuturkan, sudah tiga kali berkunjung ke Indonesia yaitu ke Flores, Bali, Jawa, dan Lombok. Jadi, ini bukan pertama kalinya ia menyaksikan penampilan seperti ini. Meski begitu, ia tetap menikmatinya.

“Saya sudah tiga kali ke Indonesia. Ke Flores, Bali, Jawa, dan Lombok. Saya sangat menikmati sekali penampilan tarinya,” ucap Rasmus.

Sementara itu, Marketing Head MNC Travel Diana Ring mengatakan, Indonesia mempunyai budaya yang sangat banyak dan potensinya sangat besar untuk dijual di mancanegara. “Yang pasti sangat tinggi sekali untuk nilai jualnya. Itu sangat baik dan bagus,” sebutnya.

Festival Indonesia di Eropa adalah sebuah event berkelas dunia kebetulan yang diadakan di beberapa kota besar di Eropa. Indonesia khususnya Kabupaten Boyolali telah mengikuti event ini sebanyak enam kali atau enam tahun berturut-turut.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1