Ketik pencarian Anda

MNC Financial Services MNC Terkini

MNC Sekuritas Hadiri Pembukaan Masa Penawaran Sukuk Negara Ritel Seri SR-010

JAKARTA – Kementerian Keuangan resmi membuka masa penawaran Sukuk Negara Ritel seri SR-010 di Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai 23 Februari hingga 16 Maret  2018. Sukuk ini dapat diperdagangkan di pasar sekunder (tradable) setelah satu periode imbalan atau setelah 10 April 2018. Hadir pula dalam acara ini, Direktur Utama MNC Sekuritas Susi Meilina.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Nicky Hogan menyatakan, penerbitan surat berharga diharapkan bisa menarik banyak investor untuk berinvestasi di pasar modal.

“Sukuk ritel 10 ini merupakan pilihan investasi yang luar biasa dan menarik untuk investasi ritel sebagai pintu masuk mengenal produk di pasar modal baik SR maupun ORI untuk mengenal produk di BEI,” katanya.

Sukuk ini diterbitkan dengan akad Ijarah Asset to be Leased dan telah mendapatkan Pernyataan Kesesuaian Syariah dari Dewan Syariah Nasional-majelis Ulama Indonesia pada 9 Februari 2018. Dengan demikian, sukuk ini merupakan sukuk syariah yang menjadi upaya pemerintah untuk melakukan verifikasi instrumen pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Pemerintah berkomitmen mendorong instrumen pendanaan berbasis syariah selain instrumen konvensional Sukuk Ritel ini diharapkan bisa memberikan alternatif investasi berbasis syariah kepada masyarakat Indonesia. Hasil penerbitannya akan digunakan untuk membiayai pembangunan berbagai proyek atau kegiatan APBN 2018 dan meruapkan barang milik negara.

“Kami mempunyai tujuan karena infrastruktur membutuhkan investasi besar sehingga kami mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi membangun pembangunan infrastruktur dengan menerbitan instrumen dengan menerbitkan suku negara ritel yang ke-10,” ucap Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman di kesempatan yang sama.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Literasi Bangsa, MNC Play Berpartisipasi di Islamic Book Fair 2018

Tanggal penjatahan sukuk ritel akan dilakukan pada 19 Maret 2018 sedangkan tanggal penerbitan atau setelmen 21 Maret 2018 dan tanggal jatuh tempo 10 Maret 2021 untuk tenor 3 tahun. Sukuk ini diterbitkan oleh pemerintah melalui perusahaan penerbit SBSN Indonesia.

“Minimum pemesanan Rp5 juta sedangkan maksimum pemesanan Rp5 miliar Dengan tingkat imbalan 5,9 persen per tahun dan dibayar setiap tanggal 10 dalam jumlah yang tetap,” ujar Luky.

Adapun, penawaran Sukri ini terbuka bagi setiap individu warga negara Indonesia (WNI) yang sudah memiliki kartu tanda penduduk (KTP).

 

Sumber: Okezone.com dan iNews.id

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1