Ketik pencarian Anda

MNC Financial Services MNC Terkini

MNC Sekuritas Gelar Edukasi Investasi Syariah di Makassar

MAKASSAR – MNC Sekuritas menggelar workshop edukasi konsep investasi syariah di Gedung Dana Pensiun (Dapen) Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (11/7/2018). Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 20 peserta yang terdiri dari jajaran pengurus dapen, dosen dan sejumlah staf rektorat.

Branch Manager MNC Sekuritas Adrian Sayed mengatakan, workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan ilmu investasi yang terkait dengan pengelolaan portofolio di dapen itu sendiri. Menurut peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dapen diwajibkan untuk menempatkan dana kelolaan mereka di beberapa instrumen investasi yang terdiri dari surat hutang dan saham.

“Insya Allah dalam waktu dekat Dapen UMI akan menempatkan kelolaan portofolio sahamnya di MNC Sekuritas,” ujarnya. Di acara ini, Adrian memaparkan materi konsep investasi syariah yang diterapkan berdasarkan aturan DSN MUI NO.80/ 2011, mengenai mekanisme transaksi saham Syariah.

“Hanya diperbolehkan membeli saham yang tidak mengandung Riba, Maysir, Khamar dan produk perusahaan yang bisa membawa mudhorat bagi orang lain, misalnya saham rokok dan transaksinya tidak menggunakan Margin (utang) karena hal itu mengandung Riba, dan juga dilarang melakukan short selling,” jelas Adrian dihadapan peserta workshop.

Di samping itu, respons para peserta terhadap kegiatan ini juga sangat positif. Adrian menambahkan, dalam waktu dekat para peserta akan membuka akun di MNC Sekuritas. Sementara untuk dapen sendiri akan memasukkan dana investasi ke saham.

Baca juga:  Waktu dan Keutamaan Puasa Sunnah Menyambut Idul Adha 1440

“Kami menargetkan seluruh peserta workshop dapat membuka rekening dan melakukan transaksi saham. Untuk dapen pun demikian, malah dalam waktu dekat akan segera melakukan pembelian saham di MNC Sekuritas untuk kepentingan portofolio dana kelolaannya,” tandasnya.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1