Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

MNC Peduli dan LAZ Harfa Bantu Nelayan di Banten

Foto: MNC Media

JAKARTA – MNC Peduli bersama LAZ Harfa bekerja sama dalam membantu nelayan yang berada di daerah Serang, Banten. Wujud kerjasama tersebut adalah dengan menyalurkan bantuan berupa 11 perahu motor yang akan digunakan untuk 22 kepala keluarga, 10 unit lampu Badai dan 50 pelampung.

Ketua MNC Peduli Syafril Nasution mengatakan, para keluarga nelayan di TPI Pasauran Kecamatan Cinangka, Serang juga mendapatkan pelatihan mikro ekonomi. Sehingga, mereka dapat mengelola keuangan secara cermat. Selain itu diadakan juga pelatihan terkait pemanfaatan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

“Kita juga berikan bantuan pelatihan ekonomi mikro kepada istri nelayan bagaimana cara menabung, bagaimana cara menambah pendapatan di samping menangkap ikan oleh suaminya. Cukup baik sekali bagus sekali, mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” jelas dia Syafril.

Direktur LAZ Harfa, Indah Prihanande menyampaikan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman baru dalam kehidupan nelayan terutama dalam soal ekonomi. Karena selama ini diketahui bahwa perilaku nelayan, jika hasil tangkapan mereka besar, maka mereka akan habiskan dalam hari itu untuk membeli elektronik misal parabola, televisi, kulkas.

Namun, ketika terjadi gelombang besar dan tidak ada tangkapan banyak mereka akan menjual elektronik yang sudah dibeli dengan harga yang sangat murah dan biasanya akan terjerat hutang, rentenir dan sebagainya.

“Proses ini memang agak panjang, tetapi nanti mereka akan berubah. Pelatihan ini banyak dilakukan di daerah lain dan biasanya berubah cukup signifikan karena kami menggunakan metode-metode pemberdayaan yang aplikatif untuk masyarakat,” tutur Indah.

Baca juga:  Preman Asli Beradu Peran di Film Preman Pensiun

Salah satu warga yang hadir dalam kegiatan tersebut Item menuturkan, dengan adanya kegiatan ini menjadi tahu pentingnya menabung dan bercocok tanam. Sehingga, mereka tidak hanya mengandalkan hasil tangkapan di laut.

“Selain nabung kita dikasih bibit tanam seperti kangkung, cabai. Itu untuk kita agar penghasilan bertambah jadinya kita tidak banyak keluarkan biaya dari kita beli sayur sekarang tinggal bercocok tanam sendiri. Alhamdulillah dengan seperti ini bukan hanya kita andalin suami, dengan bercocok tanam sendiri kita bisa dapat penghasilan dan dapat mengatur keuangannya,” tutur Item.