Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

MNC Peduli Bangun Sarana Air Bersih di Wirosari

Foto : MNC Media

JAKARTA – Sebagai sumber kehidupan, Air adalah elemen terpenting bagi semua makhluk hidup demi kelangsungan hidupnya. Pesatnya pertumbuhan penduduk membuat kebutuhan akan air bersih semakin meningkat namun persoalan air bersih masih menjadi semua masalah  di beberapa daerah tertentu.

Melihat permasalahan tersebut, MNC Peduli dan Lotte Mart melakukan Pengerjaan proyek bantuan sosial untuk sarana air bersih di Dusun Wirosari, Desa Wonorejo, Kecamatan Patean, Kendal, Jawa Tengah, hampir rampung.

Warga di daearah tersebut kini sudah bisa menikmati air bersih dan tak lagi keruh serta bercampur lumpur. Proses pengerjaannya sudah mencapai 80 persen. Tinggal tahap penyelesaian untuk memastikan sarana air bersih ini dapat masuk ke seluruh rumah warga di Dusun Wirosari. Mereka kemudian bisa tersenyum lebar setelah instalasi sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer dari mata air hingga permukiman.

Direktur Marketing Lotte Mart Evi Lionawati mengatakan, Program Sarana Air Bersih merupakan bentuk kepedulian untuk membantu warga. Dengan adanya sambungan air bersih, warga tidak lagi kesulitan dan harus bolak-balik ke sumber mata air.

“Kami menerima laporan warga di sini sulit mendapat air bersih, terutama di musim kemarau. Jadi kami bangun sarana air ini sejauh 5 Km untuk memasok air bersih hingga ke permukiman warga,” ujar Evi, Kamis (7/2/2019).

Video : Elok Rosyidah

Direktur Corporate Secretary MNC Grup Syarfil Nasution menambahkan, pembangunan sarana air bersih ini sesuai dengan hasil survei di lokasi. Di mana lahan permukiman warga kondisi bebatuan dan berbukit sehingga warga kesulitan mendapat air bersih.

Baca juga:  MNC Now Apresiasi Pengguna Aplikasi Mobile

“Kami pasangkan pipa dari sumber air untuk menyalurkannya ke permukiman warga. Kami juga membuat bak penampungannya sehingga air bisa masuk ke rumah-rumah warga,” katanya.

Seorang warga Sukoyo mengucapkan terima kasih atas kepeduliaan Lotte Mrt dan MNC Peduli atas bantuan air bersih. Selama ini warga kesulitan bahkan harus menyaringnya, namun kini sudah dapat air bersih hingga masuk ke dalam rumah.

“Biasa air kami keruh dan kotor. Saat ini kami sudah mendapat air yang jernih dan higienis. Terima kasih MNC Peduli dan Lotte Mart,” ucapnya.

Sebelumnya, air bersih menjadi permasalahan selama bertahun-tahun bagi warga Kalibubak. Untuk mendapatkan air bersih, warga harus mencari ke sungai yang dibawa dengan ember atau jeriken. Warga harus bolak-balik agar kebutuhan air bersih terpenuhi.

Sebagian warga lainnya, menyambung selang ke sumber air terdekat. Namun, cara ini dianggap kurang efektif karena air yang didapat keruh sehingga tak layak konsumsi. Selain itu, selang juga rawan putus sehingga permasalahan air bersih belum menemukan solusi.

Bahkan saat memasuki musim hujan, air bersih masih menjadi permasalahan di kampung yang dihuni sekira 52 keluarga tersebut. Warga pun berusaha mencari solusi yang tepat. Hasilnya, ditemukan sumber air di perbukitan dengan debit melimpah. Namun ternyata permasalahan belum kelar.