Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini MNC Travel

MNC Media x MNC Travel Jelajahi Potensi PLBN NTT

Foto : Zainal Alatas

MNCUpdate.com – Sebagai wajah terdepan negara, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) kini sudah berubah wujud. Saat awal, perbatasan hanya sebagai tempat perlintasan namun sekarang telah renovasi total menjadi tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri.

MNC Media bersama MNC Travel kembali mendapatkan kesempatan menjelajahi dua PLBN yang memiliki potensi wisata di kawasan perbatasan. Berada di wilayah Nusa Tenggara Timur atau NTT, dua PLBN tersebut yakni PLBN Motamasin dan PLBN WINI.

Melihat perubahan yang begitu signifikan, Jurnalis MNC Media bersama MNC Travel kemudian tertarik untuk mengetahui bagaimana respon dari masyarakat menikmati kedua PLBN tersebut setelah direnovasi.

Alhasil, setelah resmi didirikan bangunan baru, dua PLBN tersebut menuai reaksi yang cukup baik dari berbagai kalangan, seperti imigran negara tetangga maupun warga setempat yang bermukim di sekitar PLBN khususnya dan umumnya warga NTT yang menikmatinya.

“Jelas sangat berbeda dengan pos lintas batas sebelumnya. Sekarang sangat baik dan nyaman, baik gedungnya maupun pelayananya. Toh kita juga tak pernah ada masalah dengan dokumen keimigrasian (izin kerja, visa dan paspor) jadi melintas dari Timor Leste ke Indonesia melalui PLBN Wini, semuanya mudah lancar-lancar saja,” ungkap Fathoni, 39, pekerja swasta asal Indonesia yang sudah lima tahun bekerja di Timor Leste saat ditemui di PLBN Wini, beberapa hari lalu.

Baca juga:  Jangan Lewatkan The Next Boy/Girl Band Season 2 Malam Ini!

Selain itu, ia juga mengaku bangga dengan perubahan kondisi bangunan PLBN Indonesia yang dulu dengan sekarang. “Jelas saya bangga, dulu sejak awal saya datang (lima tahun lalu) di pos lintas batas milik Timor Leste lebih baik daripada Indonesia, tapi sekarang malah sebaliknya PLBN milik Indonesia yang megah,” ungkapnya.

Sementara itu, Marketing and Promotion Head MNC Travel Diana Ring mengungkapkan, hadirnya bangunan baru PLBN diberbagai kota diperbatasan ini sebagai rencana mengembangkan daearah perbatasan menjadi sebuah kota baru yang maju akan sosial ekonomi dan budayanya.

“Jadi setiap PLBN itu pasti ada pasar, dan nantinya juga akan ada hotel atau penginapan yang bisa menyerap keuntungan digaris batas untuk kedua belah negara, jadi masing-masing diantara kedua negara ini bisa hidup,” tukasnya.