Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

MNC Media Gelar Edukasi Literasi di Tiga Kampus

Foto: MNC Media

JAKARTA – Ratusan mahasiswa Universitas Mercu Buana antusias menyimak paparan jurnalis televisi dari tiga media penyiaran di bawah naungan MNC Group pada acara edukasi Media Literasi. Acara itu digelar sebagai bentuk tanggung jawab sosial MNC Media kepada masyarakat sekaligus memperingati hari ulang tahun tiga media itu yakni RCTI, MNCTV dan GTV.

Selain di Universitas Mercu Buana, acara serupa berikutnya bakal dihelat di kampus MNC Business College dan Universitas Bina Nusantara. Melalui ajang literasi ini MNC Media ingin berperan aktif dalam memberikan ilmu kepada para mahasiswa mengenai dunia broadcasting yang dikemas lebih menarik dengan mengundang orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing.

“Kebetulan ulang tahunnya berdekatan dan juga menjadi salah satu bentuk kegiatan sosial MNC Media,” kata Corporate Secretary MNC Media, Tony Andrianto, di Universitas Mercubuana, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Dalam kegiatan tersebut hadir di antaranya, Executive Producer RCTI, Pemimpin Redaksi GTV & Wakil Pemimpin Redaksi MNC News sebagai narasumber yang akan berinteraksi langsung dengan para mahasiswa. Para mahasiwa diharapkan tidak saja mendapat ilmu tentang pertelevisian dari para dosen atau buku-buku, melainkan juga langsung dari para profesional di bidangnya.

Mengenai pelaksanaannya, di Universitas Mercu Buana digelar pada 17 September 2019 dengan tema ‘Proses Produksi Televisi’, MNC College pada 2 Oktober 2019 dengan tema ‘Talkshow Televisi’, sedangkan di Universitas Bina Nusantara pada 4 Oktober 2019 dengan tema ‘Talkshow Televisi’. Di akhir acara, para peserta Media Literasi akan mendapatkan sertifikat dari MNC Media.

Baca juga:  Cita Citata dan Setia Band Guncang Road To Kilau Raya

Executive Producer RCTI Agung Priyatno menuturkan acara berlangsung seru. Ia menceritakan, baru pertama kali menjadi nara sumber di Universitas Mercu Buana. Para mahasiswa sangat tertarik dengan tema yang tengah dibahas dan mengajukan berbagai pertanyaan.

“Anak-anaknya antusias. Walaupun di sini sebagian besar sudah tahu karena katanya di sini fasilitas studionya cukup lengkap. Namun, di industri televisi ruang itu lebih besar lagi,” kata dia.

Agung juga berbagi tips bagaimana menjadi insan pertelevisian yang baik. Kuncinya adalah bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini dan dipadukan dengan membuat konten yang menarik.

“Ketika kontennya menarik, ditonton banyak orang. Ya, dia sudah bisa menjadi bagian dari industri televisi, industri media,” tutupnya.

Sementara itu, Dekan Fikom Universitas Mercu Buana, Ponco Budityo menyambut positif dengan kehadiran MNC Media di kampusnya. Menurutnya, tema yang dibahas sangat penting untuk mahasiswa yang tengah mencari sumber rujukan tambahan. Sehingga, mereka akan mendapat bekal wawasan yang lebih banyak.

“Jadi ini memang sangat positif sekali. Dan ini akan menjadi bekal yang sangat baik buat mereka ke depannya ketika sudah terjun ke industri pertelevisian, jadi mereka akan lebih paham lagi, bagaimana produksi televisi yang betul-betul sesuai dengan prinsip sesuai undang-undang yang berlaku,” kata dia.

Ke depan, sambung Ponco, kerja sama dengan MNC Media bisa ditingkatkan dengan tema yang lebih kekinian, yaitu media digital. Pasalnya, menurut Ponco, MNC merupakan media terbesar di Tanah Air yang memiliki banyak saluran digital yang patut menjadi sumber rujukan untuk belajar.

Baca juga:  Kontestan Ini Tersipu, Saat Diajak Merayu Nisa Sabyan

“Jadi ke depan literasi di bidang digital juga perlu dikembangkan kepada mahasiswa kami,” kata dia.

Terkait dengan HUT MNC Media, Ponco menuturkan, sepanjang perjalanan sejarah Indonesia, MNC Media sudah banyak memberikan kontribusi positif bagi bangsa ini. Mulai dari memberikan berbagai informasi, hiburan, hingga pendidikan. Ia berharap, MNC Media ke depan lebih maju lagi.

“Sehingga, kita dapat merasakan manfaatnya lebih maksimal lagi,” kata dia.