Ketik pencarian Anda

MNC Financial Services MNC Terkini

MNC Kapital Optimistis Pasar Obligasi Tetap Prospektif

JAKARTA – PT MNC Kapital Indonesia Tbk tetap optimistis dan meyakini pasar obligasi masih tetap diminati oleh para investor. Hal ini turut mendorong Perseroan untuk menerbitkan obligasi melalui Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan II MNC Kapital Indonesia Tahap I Tahun 2018.

Direktur MNC Kapital Indonesia Wito Mailoa mengungkapkan hal itu usai acara Due Diligence Meeting and Public Expose Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan II MNC Kapital Indonesia Tahap I Tahun 2018, di iNews Tower, Jakarta, Senin (21/5/2018).

“Kita melihat obligasi tetap ada demand-nya walaupun market tertekan seperti ini. Dan dengan rating BBB, obligasi ini mestinya bisa diserap market,” katanya.

Perseroan menetapkan kupon di kisaran 12-12,5% untuk jumlah pokok obligais yang ditawarkan perseroan pada tahap I itu sebanyak-banyaknya Rp300 miliar dari total Rp500 miliar. Tenor yang ditawarkan obligasi ini 5 tahun dengan kupon dibayarkan setiap 3 bulan.

Wito melanjutkan, dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Obligasi ini akan digunakan untuk pelunasan pinjaman Obligasi Berkelanjutan I MNC Kapital Indonesia Tahun 2013 sejumlah Rp225 miliar yang akan jatuh tempo pada tanggal 5 Juli 2018, dan sisa dana akan digunakan untuk modal kerja Perseroan.

“Dari Rp300 miliar ini Rp225 miliarnya akan digunakan untuk pembayaran obligasi yang pertama dan sisanya yakni Rp75 miliar untuk memperkuat anak-anak usaha kami. Setelah itu tentunya kami juga akan berusaha untuk tetap tumbuh lebih stabil agar mendapatkan hasil yang maksimal,” terangnya.

Baca juga:  Tampil Ciamik, Dua Kontestan Berjaya di KDI 2019

Dana sebanyak Rp 75 miliar itu akan digunakan Perseroan untuk memperkuat modal di MNC Insurance, MNC Life, MNC Sekuritas, dan MNC Asset Management.

Dalam aksi ini, pihaknya mempercayakan PT MNC Sekuritas sebagai penjamin Pelaksana Emisi dan menunjuk PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) sebagai Wali Amanat. Obligasi ini telah mendapatkan peringkat “idBBB” (triple B) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Masa penawaran awal atau bookbuilding akan dilaksanakan pada 18-28 Mei 2017 dan diharapkan dapat memperoleh tanggal efektif pada 21 Juni 2018.

Sehingga, masa penawaran dilangsungkan pada 25-26 Juni 2018, tanggal penjatahan 27 Juni 2018 dan distribusi obligasi secara elektronik 29 Juni 2018. Kemudian, obligasi ini bisa dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 21 Juli 2018.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1