Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

MNC Group Terima Kunjungan dari Universitas Brawijaya

Foto : Zainal Abidin Alatas

JAKARTA – MNC menerima kunjungan dari mahasiswa pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya. Peserta kunjungan yang terdiri dari 20 orang itu, diajak berdiskusi serta tour ke studio iNews TV untuk melihat secara langsung proses pembuatan berita.

Ahmat Setiyono Dept. Head News Network iNews, menuturkan MNC TV sebagai media terbesar se-Asia Tenggara seringkali menerima kunjungan dari berbagai instansi. Salah satunya dari Universitas Brawijaya. Kedatangan mereka untuk belajar dan sharing tentang bagaimana sebenarnya perkembangan industri televisi di Indonesia.

“Terutama dalam pembuatan berita televisi itu bagaimana ditampilkan. Mereka ingin tahu, mualai dari perencanaan hingga ditampilkan di layar. Nah, itu kita jelaskan proses-prosesnya,” kata Setiyono, di Jakarta, Selasa (23 April 2019).

Video : Elok Nuriyatur Rosyidah

Sementara itu, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Rachmat Kriyantono mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang disebut dengan study ekslusi. Ia berharap, melalui kegiatan ini, para mahasiswa lebih bisa memahami teori yang didapat di kelas. Sebab, para mahasiswa ini tidak hanya sekedar dialog, tapi juga diajak ke dalam studio untuk melihat langsung bagaimana proses siaran televisi.

“Dari penjelasan para praktisi ini, mahasiswa nantinya bisa memetakan bahwa teori-teori yang ada di kelas itu ternyata diaplikasikan,” kata dia.

Rachmat sendiri mendapat kesan tersendiri setelah berkunjung ke kantor MNC Group. Menurutnya, MNC punya strategi khusus bagaimana mengatur media besar. “Kami mendapat banyak masukan, bahwa di MNC itu banyak startegi-strategi atau aplikasi tertentu, bahwa kebijakan jurnalisme itu tepisah betul dari kepentingan-kepentingan, contoh misalnya, politik dan bisnis. Itu salah satu yang kami dapatkan,” tukasnya.