Ketik pencarian Anda

Chairman Activities

MNC Group Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

JAKARTA – Saat ini, dunia telah memasuki era revolusi industri generasi ke-empat atau industri 4.0. Oleh sebab itu, perusahaan dari berbagai sektor industri harus siap menghadapi perkembangan teknologi di era ini.

Hal tersebut diungkapkan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat menghadiri acara Manager Forum MNC Group XXXVI bertema Strategic Business Turnaround-Case Study 6 di Gedung iNews Center, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

“Harus mengikuti zaman now. Artinya, banyak business model (model bisnis) berubah karena adanya industri 4.0 atau disruptive technology,” ungkap dia.

Era industri 4.0, imbuh Hary, mengganggu tatanan bisnis konvensional. Ia pun mencontohkan, ritel-ritel besar yang kini mulai tergantikan dengan perdagangan melalui sistem elektronik atau e-commerce.

Ia juga menegaskan, saat ini diversifikasi konvensional bisnis dan new technology harus dijalankan secara paralel. MNC Group pun sejak jauh hari telah mempersiapkan diri, salah satunya ditandai dengan adanya MNC Innovation Centre.

Unit bisnis yang baru diresmikan pertengahan tahun 2018 tersebut, diharapkan bisa mendukung pengembangan teknologi di berbagai lini bisnis MNC Group, baik di sektor media, keuangan maupun properti.

“Dengan begitu, pelaku bisnis bisa bergeser dari red ocean (wilayah yang banyak persaingan) ke blue ocean (area dengan kompetisi yang tidak terlalu intens). Hal itu hanya bisa diwujudkan melalui berbagai inovasi secara terus-menerus,” kata Hary.

Inovasi yang dilakukan misalnya lebih banyak menggunakan co-working space atau ruang kerja bersama. “Misalnya kantor lebih banyak menggunakan co-working space agar lebih efisien,” ungkapnya.*

Andini Anissa

MNC Update Writer

    1