Ketik pencarian Anda

MNC Terkini

MNC Group Ajak Mahasiswa Universitas Brawijaya Lawan Hoaks

MALANG – Kegiatan kuliah umum yang digelar MNC Group, Literasi Zaman Now untuk Generasi Milenial menyapa mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Rabu (24/10/2018). Kali ini, para mahasiswa diajak lebih cerdas dalam memanfaatkan gawai dengan melawan berita bohong atau hoaks.

“Kita harus bijak bermedia dan memanfaatkan smartphone. Jangan sampai memicu keresahan di masyarakat,” tegas jurnalis MNC Media Jatim Okky Arisandi saat menjadi narasumber di acara tersebut.

Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya ini juga mengajak masyarakat kampus memanfaatkan gawai sebagai sarana untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat, benar, dan dapat dipertanggungjawabkan. Misalnya, menggunakan gawai untuk menjadi pewarta warga atau citizen journalist.

“Kesempatan untuk menjadi pewarta warga terbuka luas dengan memanfaatkan gawai yang kita miliki. Dari sini bisa mendapatkan pemasukan. Tetapi karya jurnalistiknya harus terverifikasi agar tidak menyebarkan hoaks,” ujarnya.

Seminar Literasi Media dan Keuangan Zaman Now untuk Generasi Milenial ini meliputi dua materi utama. Pertama, dampak positif dan negatif gadget serta penggunaannya dalam dunia jurnalistik.

Kedua, literasi keuangan yang disampaikan Manager MNC Bank Surabaya Carolina Handayani. Dalam paparannya, Carolina menjelaskan , tips mengatur keuangan pribadi, pentingnya menabung dan investasi saham, serta program menabung uang dan saham.

Sementara itu, Kepala MNC Media Jatim Ahmad Williyanto mengatakan, kuliah umum ini sekaligus untuk membangun kesadaran publik tentang pentingnya penyebaran berita yang terverifikasi.

Baca juga:  Tinggi Animo Masyarakat, Sindo Diharapkan Bikin Acara Lari Rutin

“Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak seluruh masyarakat kampus peduli kepada konten berita yang dapat dipertanggungjawabkan, menolak berbagai bentuk ujaran kebencian, dan menolak berita bohong atau hoaks,” kata Wily.

Rektor Universitas Brawijaya Malang Nuhfil Hanani pun mengapresiasi acara literasi media dan keuangan ini. Menurut dia, kuliah umum ini sangat penting bagi masyarakat di perguruan tinggi, sebagai referensi untuk memahami media secara baik.

“Melalui referensi dan literasi yang baik, kita bisa menjadi lebih bertanggung jawab. Tidak menyebar berita bohong, serta tidak membuat berita yang memecah-belah persatuan masyarakat Indonesia. Kita wajib menjaga Indonesia, tetap bersatu dalam damai,” tandasnya.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1