Ketik pencarian Anda

MNC Financial Services MNC Terkini

MNC Bank Bukukan Laba Bersih Rp98,7 Miliar di Triwulan II 2018

JAKARTA – PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) berhasil menorehkan kinerja yang cemerlang dengan membukukan kenaikan laba bersih hampir sebesar tiga kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Perusahaan yang berada di bawah bendera MNC Group tersebut mencatatkan laba bersih sebesar Rp98,7 miliar di triwulan II 2018.

EVP Funding & Lending Business Head MNC Bank Ageng Purwanto mengatakan, pertumbuhan laba ini didorong oleh peningkatan pesat laba operasional bank yang mencapai Rp132 miliar atau tumbuh 259% dari periode yang sama di tahun 2017.

Dari seluruh komponen operasional, pemulihan CKPN sebesar Rp62,9 miliar dan pendapatan operasional lainnya sebesar Rp 108,8 miliar, menjadi kontributor utama dari pertumbuhan laba tersebut, diikuti pendapatan provisi dan komisi sebesar Rp52,3 miliar serta penurunan biaya CKPN sebesar 96,15%.

Penurunan biaya CKPN merupakan cerminan progress MNC Bank dalam meningkatkan kualitas kredit dan penerapan prinsip kehati-hatian dalam seluruh aspek bisnis.

“Hasil positif ini merupakan bagian dari upaya bank dalam meningkatkan kualitas kredit, menjaga pendapatan bisnis utama tetap baik, serta pemulihan aset bermasalah sesuai dengan rencana strategis MNC Bank,” kata Ageng di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Dari struktur pendanaan, bank dengan kode emiten BABP itu juga berhasil meningkatkan dana murah sebesar Rp1,8 triliun dengan rasio dana murah terhadap total DPK tercatat sebesar 23,04%, atau naik 5,9% dari periode yang sama tahun lalu.

Baca juga:  High Tea with HighEnd Tampilkan Fashion Batik Bertema 'Oriental Glory'

Adapun dari sisi rasio keuangan, keberhasilan perseroan dalam menjaga kualitas kredit tercermin dari menurunnya rasio NPL Nett menjadi 2,88% pada triwulan II 2018. Tahun sebelumnya pada periode yang sama, rasio NPL Nett tercatat 3,87%.

Selain itu, MNC Bank juga mampu melakukan efisiensi terhadap biaya operasional yang terlihat dari menurunnya rasio BOPO dari 113,67% per 30 Juni 2017 menjadi 80,65% per 30 Juni 2018. Seiring dengan peningkatan rasio dana murah, rasio NIM juga tumbuh menjadi 3,7% dari 3,38% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kembalinya kinerja MNC Bank ke arah yang positif adalah berkat pondasi kokoh yang telah dibangun dan kerja keras seluruh tim, selain penguatan sinergi dengan seluruh unit bisnis MNC Group. Hal tersebut membuat kami lebih leluasa menjalankan fase kedua dari transformasi yaitu focusing the business,” tambah Ageng.

Pihaknya juga optimistis dapat meningkatkan penetrasi pasar ke segmen konsumer dan retail yang didukung oleh segmen komersial dan korporasi. “Kami berharap bisnis dan rentabilitas MNC Bank terus meningkat sepanjang 2018 ini,” pungkasnya.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1