Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

MNC Animation Kenalkan Dunia Animasi di Animakini

JAKARTA – Beragam industri kreatif terus menggeliat seiring dengan pesatnya perkembangan tekonologi. Salah satunya adalah dunia animasi.

Di Indonesia sendiri, salah satu perusahaan khusus yang bergerak di industri animasi, MNC Animation saat ini telah memproduksi karya-karya berupa serial televisi seperti Kiko.

Eksistensi dan produktivitas inilah yang turut mendorong MNC Animation berpartisipasi di acara Animasi Cikini (Animakini) yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Creative Laba dan Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan ini, perusahaan milik MNC Group itu mengenalkan serial Kiko dan edukasi seputar cara membuat animasi. “Hari ini saya membahas tentang Kiko dan perjalanan Kiko dari awal dibuat sampai Kiko yang terbaru,” kata Animation Supervisor MNC Animation Tirza Angelica saat menjadi pembicara di Master Class Animakini di TIM, Jumat (21/9/2018).

Selain itu, di hadapan ratusan peserta yang terdiri dari siswa SMP, SMA hingga mahasiswa, Tirza menjelaskan proses pembuatan animasi dari awal hingga siap tayang di RCTI. Untuk produksi, dibagi menjadi tiga tahap yakni pra-produksi, production, dan proses layout.

“Untuk produksi, kita bagi menjadi tiga tahap, yaitu pra-produksi mulai pembuatan naskah, story board, dan recording. Kemudian di tahap ini juga dibuat animatic, desain karakter, dan desain lingkungan. Lalu ada tahap production, yaitu karakter dikasih warna, tekstur, dan sistem tulang agar bisa digerakkan, hingga masuk ke proses layout,” kata Tirza.

Baca juga:  Hobi Selfie? Yuk Ikut Photo Competition Web Series MNCTV "Kilau Aksara"

Ia pun berharap, anak-anak muda yang tertarik di bidang animasi bisa berani berkarya dan tak mudah menyerah. “Harapannya mereka bisa terus berkarya, kasih yang terbaik, dan jangan pernah puas. Kuncinya adalah jangan gampang menyerah dan mesti punya semangat,” ujar dia.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1