Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Mitos dan Fakta Tentang Diabetes

JAKARTA – Tahukah Anda bahwa diabetes adalah salah satu penyakit paling banyak menyerang orang di seluruh dunia? Bahkan lebih mematikan dibanding AIDS dan Kanker Payudara.

Meski begitu, masih banyak juga orang yang belum mengenal fakta terkait diabetes. Sebabnya karena banyaknya mitos yang beredar di sekitar yang berkaitan dengan penyakit tersebut. Mitos-mitos itu kemudian cukup menyesatkan kita.

Untuk lebih jelasnya, seperti dilansir Sindonews.com dari Boldsky, berikut fakta tentang diabetes yang perlu diketahui.

Mitos: Diabetes bukan penyakit serius.
Fakta: Sebuah survei mengungkap lebih banyak kematian yang disebabkan karena diabetes jika dibanding AIDS atau kanker payudara. Diabetes hampir menggandakan risiko serangan jantung. Namun, kabar baiknya, penyakit ini dapat dikendalikan.

Mitos: Jika Anda obesitas, Anda memiliki kemungkinan mengembangkan diabetes tipe-2.
Fakta: Kelebihan berat badan hanyalah salah satu alasan untuk mengembangkan diabetes tipe-2. Berbagai faktor lain seperti riwayat keluarga, usia dan etnis juga memainkan peran penting dalam mengembangkan penyakit diabetes. Selain itu, ada juga orang gemuk yang tidak pernah mengalami diabetes tipe 2 dan banyak orang dengan diabetes tipe 2 memiliki berat badan normal.

Mitos: Asupan terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko diabetes.
Fakta: Tidak, diabetes tipe 1 disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan tidak diketahui, sedangkan diabetes tipe 2 dikurung oleh genetika atau faktor gaya hidup. Jika Anda memiliki riwayat diabetes dalam keluarga, makan makanan sehat yang seimbang dan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda menjauhi penyakit tersebut.

Baca juga:  Cara Atasi Efek Psikosis Saat Naik Gunung

Mitos: Diet ketat perlu diikuti.
Fakta: Aturan dasar makan makanan sehat adalah sama, bahkan untuk pasien diabetes atau orang yang tidak mengidap diabetes. Anda tidak perlu mengubah pola makan, tetapi pastikan Anda mengonsumsi tidak berlebih untuk makanan, seperti roti gandum, pasta, sereal, nasi dan sayuran bertepung, seperti kentang, jagung, ubi jalar, susu, yogurt, buah-buahan, manisan.

Mitos: Jika Anda punya diabetes, Anda tidak dapat makan permen.
Fakta: Anda tidak perlu menghindari permen untuk dimakan. Sebaliknya, makan permen secukupnya dan tidak teratur ini dapat membantu Anda menjaga keseimbangan insulin dalam tubuh. Perlu dipahami juga bahwa menerapkan pola hidup sehat bagi penderita diabetes harus lebih berkaitan dengan makan sehat dan latihan fisik daripada mempersoalkan apa yang harus di makan atau dan yang tidak.

Mitos: Diabetes dapat menular.
Fakta: Tidak, diabetes tidak menular! Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena diabetes. Umumnya disebabkan gaya hidup dan faktor genetik.

Mitos: Semua jenis diabetes sama.
Fakta: Ada banyak jenis diabetes dan yang paling umum adalah diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional. Setiap jenis diabetes memiliki penyebab yang berbeda dan harus dikelola dengan cara yang berbeda. Gestational diabetes hilang setelah kehamilan, tetapi secara signifikan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 di kemudian hari.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1