Ketik pencarian Anda

Event MNC Media MNC Terkini

Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina Bantu Fasilitas Air Bersih di Cimenyan Bandung

BANDUNG – Masalah kekurangan air bersih yang dialami masyarakat kawasan wisata Kosmo Batu Templek,Cimenyan, Kabupaten Bandung mendapat perhatian Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina. Bekerja sama dengan Yayasan Odesa Indonesia dan warga sekitar, Alya ikut membantu membangun jaringan pipa air sejauh 3 km hingga ke pemukiman warga.

“Selama ini, kami sudah bersama-sama mengatasi sanitasi, membangun MCK, dan lainnya. Permasalahan di kampung ini adalah air dan itu sedikit sudah bisa teratasi,” kata Alya di pasar rakyat di kawasan wisata Kosmo Batu Templek, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (14/10/2018).

Harapannya, imbuh Alya, petani di kawasan tersebut bisa lebih sejahtera karena masyarakat tak perlu memikirkan persoalan air lagi. “Kami juga ajak masyarakat menanam bunga matahari, kelor, dan tanaman bernilai ekonomi lainnya. Selain itu, kami juga mendorong agar anak muda dan masyarakat peduli terhadap wisata di sini,” sambung Alya.

Sementara itu, Ketua Odesa Indonesia Faiz Manshur mengatakan, pihaknya telah mendampingi Alya sejak Agustus hingga Oktober 2018 untuk membantu mengatasi masalah sanitasi, air, MCK di kampung dan sungai yang mengalir di Batu Templek.

“Selama ini pembuangan tinja warga ke kali yang mengalir ke Batu Tempek ini. Memang ini belum selesai, tapi ini proses. Kami berharap, ini menjadi pemicu agar masyarakat kota berbakti sosial ke kampung. Di sini banyak masyarakat yang perlu dibantu. Pendidikan mereka tertinggal jauh,” kata Faiz.

Baca juga:  Co-Working Space MNC x Kolega Dukung Kemenristek Lahirkan Startup Baru

Setidaknya di Kecamatan Cimenyan ada sekitar 1.800 kepala keluarga yang hidup miskin. Di Mekar Manik sendiri, sekira 400 KK warga prasejahtera. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan masih ada satu KK berpenghasilan sekitar Rp14.000 per hari.

Selama ini, Odesa bersama Alya melakukan pendampingan pendidikan untuk anak. Di antara sekolah sabtu dan minggu yang melibatkan 200 anak. Alya mengajak anak melukis dan membawa semangat baru. Sementara kegiatan pasar rakyat ini, hanya titik tolak kegiatan, agar warga bisa mengelola sendiri.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1