Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Menu Lokal Jamaah Haji, Atasi Kerinduan Masakan Rumah

Foto: Istimewa

Kabar gembira bagi jamaah haji tahun ini. Pasalnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Mekkah Tahun 1440 H/2019 akan menyiapkan kuliner Nusantara, 3 hari dalam sepekan.

Kuliner Nusantara ini dinamakan menu lokal. Menu lokal dibagikan kepada jamaah haji sesuai asal daerah (berbasis zonasi). Hal ini menyesuaikan selera makanan jamaah haji Indonesia, yang sangat beragam suku dan masakannya.

“Untuk menu zonasi hanya ada di Mekkah. Alhamdulilah untuk menu terbaik tahun lalu tetap kita pertahankan, sisanya kita ganti dengan menu zonasi, di mana siklus menu satu minggu ada tiga kali makan khususnya untuk makan malam kita gunakan menu muatan lokal yaitu menu zonasi,” jelas Kepala Bidang Katering PPIH Arab Saudi Ahmad Abdullah, seperti dikutip Okezone pada Kamis (11/7/2019).

PPIH Arab Saudi mewajibkan perusahaan-perusahaan katering di Arab Saudi untuk memiliki koki dari Indonesia. “Bila ada perusahaan besar tidak memiliki koki dari Indonesia, tidak akan dipilih untuk melayani jamaah haji Indonesia,” sambung Ahmad.

“Seluruh perusahaan sudah menyatakan siap untuk melayani jamaah haji Indonesia dengan sebaik-baiknya, besar harapannya asupan gizinya dan kalorinya untuk memenuhi kebutuhan selama beribadah,” pungkasnya.