Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Menlu Retno Marsudi, Perempuan Pertama Masuk Kategori Indonesia Awards 2018

Grafis: Elok Rosyidah

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi menjadi perempuan pertama yang masuk kategori tokoh publik dalam ajang penghargaan Indonesia Awards 2018. Lahir di Semarang 27 November 1962, tugas dan peran Indonesia dikancah internasional menjadi tanggung jawabnya.

Retno adalah salah satu menteri kabinet kerja Presiden Joko Widodo yang ditunjuk dari kalangan birokrat. Ia memulai kariernya sejak 1986 dengan menjadi Staf Biro Analisa dan Birokrasi untuk kerja sama ASEAN.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, Retno menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia (2005 – 2008), Direktur Jenderal Amerika dan Eropa (2008 – 2012), dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda (2012 – 2014).

Video: Badan Ekonomi Kreatif

Pada 20 September 2017, ia meraih penghargaan ‘Agen Perubahan’ dari United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women (UN Women) dan the Global Partnership Forum (GPF) pada Sidang Umum PBB di New York, AS.

Penghargaan tersebut sebagai pengakuan atas kerja keras Indonesia terutama dalam mempromosikan Agenda 2030 tentang Pembangunan Berkelanjutan, serta kontribusi Indonesia dalam menjaga perdamaian, stabilitas dan kemanusiaan melalui diplomasi.

Berkat prestasinya, ia masuk kategori tokoh publik dalam ajang penghargaan Indonesia Awards 2018 yang digelar iNews pada 15 November mendatang. Ajang ini memberikan penghargaan kepada kepala lembaga negara, kepala pemerintahan daerah maupun individu non pemerintahan atas dedikasi dan prestasi yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Baca juga:  Live di iNews, Ini Jadwal Lengkap Kompetisi Proliga 2020

Acara yang mengusung tema “Indonesia Bangga” ini, akan disiarkan secara langsung dari Jakarta Concert Hall, iNews Tower pada hari Kamis, 15 November 2018 mulai pukul 19.30 hingga 21.30 WIB.*

Andini Anissa

MNC Update Writer

    1