Ketik pencarian Anda

MNC Media

Menengok Makam Baqi di Madinah

Foto: Istimewa

Menyambut spiritualitas bulan haji, kali ini jurnalis MNC Media bertandang ke Tanah Suci. Salah satu tempat yang disambangi adalah Baqi Al Gharqad. Baqi merupakan tempat pemakaman utama yang terletak di Madinah, Arab Saudi.

Makam ini menjadi salah satu yang termasyhur dalam sejarah Islam. Dilansir dari Okezone pada Minggu (14/7/2019), di makam Baqi ini tersimpan jasad-jasad sahabat dan sejumlah keluarga Rasulullah.

Baqi juga menjadi salah satu tempat favorit yang paling sering dikunjungi peziarah, khususnya menjelang musim haji ini. Terletak di bagian timur Masjid Nabawi, pemakaman ini yang memiliki luas sekitar 174.962 meter persegi.

Salah satu jurnalis Okezone pun membagi pengalamannya di kawasan makam Baqi. Sabtu sore (13/7/2019), tim liputan Okezone ikut dalam iring-iringan jenazah di makam Baqi. Jenazah diganjal dengan bata, sebelum diuruk dengan tanah. Bata tersebut disusun sedemikian rupa hingga berdiri miring dan menutupi jenazah tersebut. Pada akhirnya, setelah bata menutupi jenazah, maka tanah pun segera diuruk dengan sempurna.

Setelah tanah selesai dibentuk, sebongkah batu ditaruh begitu saja di bagian atas makam. Selepas itu, tak ada acara berdoa bersama. Hanya ada kegiatan berdoa dalam hati selama 2-3 menit. Setelah itu, kerumunan bubar dan kembali ke arah Masjid Nabawi.