Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Menengok Kampung Halaman BJ Habibie nan Eksotis

Foto: Instagram

JAKARTA – Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) telah menghembuskan nafas terakhirnya, Rabu (11/9) petang. Ia dilahirkan di Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 silam. Di kota kelahiran Bapak Demokrasi itu ternyata memiliki banyak destinasi wisata nan eksotis yang siap memanjakan lensa kamera Anda saat menghabiskan akhir pekan.

Mulai dari wisata alam, cagar budaya, tempat bersejarah, kuliner khas, tempat romantis, area bermain anak hingga spot foto hits kekinian yang instagramable ada di Parepare. Meskipun kecil, kota dengan luas wilayah 99,33 km persegi ini memiliki beberapa destinasi wisata yang memesona. Jadi Anda tak perlu khawatir datang dan bertamasya ke kota berjuluk Bandar Madani ini.

Tanpa basa-basi lagi, yuk simak selengkapnya di bawah ini:

1. Pantai Lumpue

Berada di Kecamatan Bacukiki Barat, Pantai Lumpue sering dijadikan pusat rekreasi oleh masyarakat Parepare. Lokasinya dekat dengan fasilitas umum, seperti masjid dan puskesmas. Pantai ini memiliki air laut yang bening dengan pasir pantai halus kecoklatan.

2. Kebun Raya Jompie

Kebun Raya Jompie dibangun sejak 1920. Mempunyai luas 13,5 hektare, hutan kota ini menawarkan rekereasi seperti kolam renang, area perkemahan, dan jalan setapak untuk wisatawan yang ingin menikmati hutan dan pepohonan dengan berjalan-jalan. Selain hutan, terdapat juga kebun raya yang ditetapkan sebagai pusat koleksi dan konservasi tumbuhan kawasan pesisir Wallacea yang menonjolkan keanekaragaman tumbuhan obat, tumbuhan adat, dan ethobotani.

Baca juga:  MNC Innovation Centre Gelar Seminar Revolusi Industri 4.0

Terdapat beberapa fasilitas fisik di dalam kawasan ini, seperti kolam renang, 14 unit shelter (tempat istirahat), arena perkemahan (camping ground), gedung pertemuan, saluran drainase, dan jalan setapak yang menjangkau setiap sudut kawasan.

3. Monumen Cinta Habibie Ainun

Monumen yang diresmikan pada 12 Mei 2015 ini merupakan kado ulang tahun pernikahan dari Wali Kota Parepare Taufan Pawe kepada BJ Habibie. Objek wisata ini dibangun sebagai bentuk apresiasi terhadap cinta BJ Habibie kepada istrinya, Ainun.

Monumen Cinta Habibie Ainun menjadi destinasi wisata paling menarik di Parepare. Jika Anda ingin mengunjungi monumen ini, lokasinya ada di Lapangan Andi Makkasau, Jalan Karaeng Burane, Mallusetasi, Ujung, Kota Parepare. Monumen ini menjadi spot Instagramable di Parepare.

4. Pantai Tonrangeng

Objek wisata menarik lainnya di Parepare adalah Pantai Tonrangeng. Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan. Anda akan disuguhi pasir putih nan cantik, serta susunan terumbu karang yang memukau. Melakukan aktivitas snorkeling menjadi agenda wajib saat berkunjung ke Pantai Tonrangeng. Pasir putih dan terumbu karang yang indah membuat pantai ini terlihat eksotis.

5. Goa Tompangnge

Gua Tompangnge berlokasi di Tompangnge, Kecamatan Bacukiki. Di Gua Tompangnge, kamu bisa menjelajah goa hingga melihat ribuan kelelawar yang hidup di dalamnya. Tak hanya goa, kamu juga bisa melihat Air Terjun Tompangnge yang berada sekitar 500 meter dari Goa Tompangnge. Aliran airnya yang mengalir dari untaian akar-akaran yang menggantung dari pucak bukit yang berada di sebelah Gua Tompangnge.

Baca juga:  Sasar Generasi Millenial, MNC Play Sediakan Layanan Internet Paling Modern di Indonesia

Ayo segera rencanakan liburan Anda ke Parepare, Sulawesi Selatan. Jangan lupa pesan tiketnya sekarang juga di Mister Aladin. Selengkapnya klik di sini.