Ketik pencarian Anda

Editor's Choice MNC Media MNC Terkini

Menembus Dinginnya Dieng dengan 3 Menu Spesial Ini

Foto : Instagram

JAKARTA – Dataran tinggi Dieng yang masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah itu beberapa waktu terakhir memang mengalami penurunan suhu yang cukup ekstrem. Bahkan, suhu di kawasan vulkanik itu bahkan tercatat mencapai minus 5 derajat celcius di pagi hari.

Namun, dataran tinggi Dieng selalu menarik dikunjungi. Tak cuma karena keindahan alam pengunungannya yang memukau dan candi Arjuna, tapi juga berkat kulinernya yang khas. Mulai dari mie ongklok hingga manisan carica pas disantap di tengah udara dingin Dieng.

Berikut makanan yang pas dicoba saat liburan ke Dieng :

1. Mie Ongklok

Berbeda dengan mie rebus biasa, mie ongklok berkuah kental. Kuah kental ini diperoleh dari campuran air, tepung maizena, gula aren dan ebi. Mienya sendiri terbuat dari mie telur. Mie ongklok disajikan dengan kol, daun kucai, dan bawang goreng. Lauknya adalah beberapa tusuk sate kambing serta tempe kemul. Rasa mie yang nikmat serta kuah panas terbukti ampuh menghangatkan tubuh. Jangan heran kalau setelah mencoba sekali Anda akan ketagihan mie ongklok.

2. Carica

Setelah menyantap mie ongklok yang menghangatkan badan, saatnya mencoba buah Carica yang segar. Carica merupakan buah khas Dieng, sering disebut sebagai pepaya gunung. Bentuknya menyerupai pepaya tapi ukurannya lebih kecil. Rasa buahnya manis, sementara tekstur dagingnya lembut dan renyah.

Baca juga:  Giroud Gulung Kiev, Chelsea Perkasa di Liga Europa

3. Tongseng

Bosan dengan mie ongklok? Saatnya mencoba menu lain yang nikmat dan bisa menghangatkan badan. Tongseng atau sup daging kambing banyak dijual di banyak warung dan rumah makan yang berada di sepanjang jalan utama Dieng. Harganya Rp20.000 per porsi.

Kapan kalian terakhir ke Dieng dan menyantap makanan itu?