Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Mau Valentine’s Day Makin Istimewa? Yuk Bikin Tart Cokelat Ala Masterchef Indonesia

Foto: freepik.com

JAKARTA – Setiap tanggal 14 Februari biasanya banyak orang merayakan sebagai hari kasih sayang atau valentine’s day. Pada hari itu cokelat dan bunga selalu jadi barang yang paling banyak diburu.

Nah, karena banyaknya pemburu cokelat di hari kasih sayang, sepertinya akan lebih berkesan jika Anda membuatnya sendiri untuk pasangan terkasih Anda.

Nah, Chef Febrian Wicaksono atau lebih akrab disapa dengan Chef Brian, Runner Up MasterChef Indonesia musim ketiga, ingin berbagi resep cara membuat Chocolate Tart with White Ganache, Snow and Mango Compote yang T.O.P, yuk dicoba. Oya, dapatkan pula inspirasi soal kuliner lainnya dengan menyimak terus sajian di lifestyle.okezone.com/food.

– Bahan-bahan untuk membuat chocolate tart:

155 gr mentega tawar
168 gr gula halus
336 gr tepung terigu
56 gr cokelat bubuk
4 gr baking powder
2 butir telur ayam
Garam secukupnya

Cara membuat:
1.Masukkan tepung terigu, gula halus, baking powder, cokelat bubuk, garam, dan mentega. Aduk-aduk dengan spatula. Masukkan telur dan aduk-aduk hingga adonan kalis. Diamkan selama 10 menit.

2.Ambil adonan dan tipiskan dengan menggunakan rol. Cetak dalam wadah dan panggang dalam oven pada suhu 1800 C selama 10 menit. Cetak dalam wadah dan panggang dalam oven pada suhu 1800 C selama 10 menit.

– Bahan-bahan untuk membuat white ganache:

191 gr heavy cream
65 gr gula cair
406 gr cokelat putih compound, potong dadu

Baca juga:  Angkat Wisata Flores, iNews Raih Prestasi di Piala Presiden Kompetisi Nasional Media 2019

Cara membuat:
Panaskan cokelat putih bersama gula cair. Tambahkan heavy cream dan masak dengan api kecil sampai rata. Sisihkan.

– Bahan-bahan untuk membuat snow:

84 gr tepung tapioka
124 gr white chocolate, lelehkan

Cara membuat:
Siapkan wadah. Masukkan white chocolate yang sudah dilelehkan dan campurkan dengan tepung tapioka. Aduk-aduk hingga crumble membentuk snow. Sisihkan.

– Bahan-bahan untuk membuat mango compote:

196 gr mangga, potong dadu
28 gr gula cair
1 sdm lemon juice (air jeruk lemon)

Cara membuat:
Masak mangga, gula cair, dan lemon juice dengan api kecil hingga air di dalam kandungan mangga menyusut. Kemudian haluskan semua bahan dengan blender. Saring agar mendapatkan tekstur yang halus. Sisihkan.

Penyajian:
Siapkan chocolate tart dan isi dengan adonan white ganache. Kemudian masukkan ke dalam freezer dan diamkan hingga beku. Sajikan bersama mango compote dan taburan snow di atasnya.