Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

5 Tips Naik Gunung, Nomor 4 Tak Terduga

Foto: Istimewa

Wisata mendaki gunung menawarkan keseruan yang berbeda dibanding wisata lainnya. Perjalanan menanjak tentu berkesan, mengajak kita kembali ke alam. Ternyata, ada persiapan dasar yang sebaiknya diperhatikan sebelum mendaki gunung. Nah, berikut tips mendaki gunung yang wajib diketahui wisatawan, seperti dilansir iNews pada Rabu (12/6/2019).

1. Pastikan menggunakan sepatu yang memiliki grip dan sol karet

Hal ini perlu dilakukan, agar kaki dapat kuat menancap di tanah. Kemungkinan terpeleset pun akan berkurang.

2. Bawalah senter selalu


Meski terlihat sepele, alat yang satu ini jelas membantu penglihatan di ruang gelap. Pastikan baterainya juga penuh, ya!

3. Gunakan ransel tahan air dan sesuai postur tubuh


Banyak pendaki baru yang berlomba-lomba membawa ransel besar, bahkan jauh daripada ukuran tubuhnya. Hal ini sebetulnya tidak tepat. Bawalah barang secukupnya, dan masukkan ke dalam ransel yang sesuai dengan tubuh kita. Ini akan membuat pendakian lebih nyaman.

4. Bawalah jas hujan


Saat turun hujan, jas hujan akan sangat berguna, terutama ketika akan tetap melanjutkan perjalanan saat kondisi memungkinkan. Jas hujan dijamin bakal melindungi tubuh kita sepanjang hari.

5. Siapkan bekal air minum


Cukupi kebutuhan hidrasi tubuhmu dengan banyak minum air di pendakian, secara teratur namun sedikit demi sedikit. Misalnya 150 – 250 ml setiap 30 menit. Minum sekaligus banyak justru bakal bikin perutmu penuh dan sakit saat digunakan untuk berjalan.