Ketik pencarian Anda

MNC Financial Services MNC Terkini

Validasi Data Nasabah, MNC Bank & Kemendagri Jalin Kerja Sama

JAKARTA – PT Bank MNC Internasional Tbk menandatangani kerja sama pemanfaatan data kependudukan dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil Kemendagri) di Thamrin Nine, Jakarta, Jumat (23/3).

Presiden Direktur MNC Bank Benny Purnomo mengatakan, dengan kerja sama ini, MNC Bank dapat lebih cepat melakukan validasi data nasabah, sehingga selain baik bagi prinsip Know Your Customer (KYC) di sisi bank, juga lebih aman, cepat, dan nyaman bagi nasabah.

“Sebagai bank yang tengah ekspansi ke lini digital, kerja sama ini menjadi modal untuk menawarkan berbagai fasilitas dan pelayanan inovatif dalam menyambut ekonomi virtual,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan menggunakan Dukcapil direct acces sebagai landasan membangun jaringan infrastruktur digital, MNC Bank juga dapat lebih akurat dan efektif dalam proses verifikasi data nasabah.

“Hal tersebut mendukung pengembangan produk dan layanan di mana ke depannya, nasabah bisa melakukan registrasi secara online dan langsung terverifikasi dengan data dari Dukcapil,” katanya.

Setelah berjalannya kerjasama ini, seluruh kantor MNC Bank yang berjumlah 67 kantor cabang, kantor cabang pembantu, dan kantor kas dari Medan hingga Makassar dapat memanfaatkan database kependudukan yang akurat.

Hal tersebut, kata Benny, membuat proses pengkinian data maupun pendataan berjalan lebih cepat sehingga meningkatkan kenyamanan ratusan ribu nasabah MNC Bank.

“Dengan terbukanya akses langsung ke Dukcapil ini, kami dapat lebih gencar melakukan peningkatan pelayanan dan fasilitas, serta menawarkan berbagai inovasi yang tentunya dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan Dana Pihak Ketiga dan Kredit di tahun 2018 di kisaran 9-12%,” kata Benny.

Baca juga:  Tahapan Audisi “Penghuni Rumah Terakhir”: dari Psikotest hingga Karantina Tanpa Gawai

Di acara yang sama, Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Ditjen Dukcapil David Yama mengatakan, pada prinsipnya seluruh lembaga keuangan yang bergerak di bidang pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukum serta pencegahan kriminal wajib hukumnya menggunakan data Dukcapil.

“Banyak sekali lembaga perbankan dan pemerintahan yang sudah memanfaatkan data Dukcapil. Esensinya adalah mereka dalam rangka efisiensi, efektifitas dan hasilnya tepat guna dalm rangka pelayanan publik,” ujarnya.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1