Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Manfaat Tak Terduga Apel & Tomat Untuk Kesehatan Paru-Paru

Tomat dan apel ternyata memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan paru-paru.

Dilansir Okezone.com Selasa (26/12/2017),  mengkonsumsi dua tomat dan lebih dari tiga apel perhari dapat membantu memperbaiki kerusakan paru-paru, khususnya mantan perokok.

Kendati demikian, manfaat tersebut berlaku hanya bagi mereka yang mengkonsumsinya dalam kondisi segar, artinya buah dalam bentuk olahan atau kaleng, tidak termasuk didalamnya.

Dalam penelitian terungkap mantan perokok yang mengkonsumsi tomat dan buah-buahan khususnya apel membantu memperbaiki kerusakan paru-paru selama periode 10 tahun.

“Studi kami menunjukkan makan lebih banyak buah secara teratur dapat membantu menipiskan penurunan fungsi paru-paru seiring bertambahnya usia serta dapat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok,” kata salah satu peneliti Vanessa Garcia-Larsen.

Tidak hanya itu, tomat juga memiliki khasiat lain yaitu:

  1. Jerawat berangsur hilang

Tomat mengandung antiinflamasi yang tinggi untuk membantu permasalahan kulit seperti jerawat serta mencegah munculnya jerawat.

  1. Membuat mata berbinar

Tomat yang sarat dengan karoten fitonutrien beta, lutein, dan zeaxanthin juga dapat membantu menjaga kesehatan mata sehingga mata lebih terlihat indah, segar dan berbinar.

  1. Membantu turunkan berat badan

Setelah berolahraga, tomat juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang dan membentuk tubuh yang ideal. Seperti diketahui, diet bukan hanya tentang asupan makanan yang sehat dan seimbang, olahraga juga menentukan efektivitas diet.*

(aan)

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1