Ketik pencarian Anda

MNC Media

Mahasiswa UNPAR Bandung Kunjungi Redaksi Okezone

JAKARTA – Pesatnya arus informasi tak lepas dari media daring sebagai penyaji berita dan inspirasi yang mudah dan cepat diakses. Keberadaan jenis media ini juga menarik perhatian publik untuk melihat dari dekat, salah satunya melalui kunjungan ke redaksi media daring.

Seperti yang dilakukan puluhan mahasiswa Universitas Parahyangan (UNPAR) Bandung kala menyambangi kantor media daring, Okezone.com, di Gedung iNews Center, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2017). Mereka ingin mengetahui dan berdiskusi tentang cara kerja dan teknologi yang diterapkan di perusahaan media yang bernaung di bawah MNC Group ini.

Didampingi dengan dua orang dosen, mereka tampak antusias mendengar pemaparan yang diberikan oleh Pimpinan Redaksi Okezone, Muhammad Budi Santosa dan Redaktur Pelaksana Kemas Irawan Nurrachman. Antusiasme terekam dari banyaknya pertanyaan yang masuk saat materi selesai diberikan.

Salah satu dosen UNPAR, Dianta Hasri Natalius Barus mengungkapkan, kunjungan ini dimaksudkan agar para mahasiswa dan juga pihak kampus memahami pola kerja, produk, aspek pemasaran, manajemen operasional. Begitu juga dengan prospek karier di media daring.

Terkait hal itu, menurut Pemred Okezone Muhammad Budi Santosa, Okezone memiliki keunggulan dari para kompetitornya karena berada di bawah naungan MNC Group, “Pemberitaan dan sumber dayanya sudah melimpah, belum lagi didukung oleh platform berita lain.”

Variasi konten, serta fitur-fitur segar seperti live streaming juga menjadi pembeda yang dimiliki Okezone untuk bersaing di era digital. Melengkapi variasi itu, Okezone juga melakukan distribusi konten lewat media sosial, televisi, dan lainnya.

Baca juga:  Audisi Miss Indonesia 2019, Liliana Tanoe: Kami Berjuang Harumkan Nama Bangsa

Salah satu mahasiswa semester 3 Muhammad Rizaldy Rizki merasa terbantu atas kunjungan tersebut, “Jadi tahu praktik di perusahaannya seperti apa,” ujarnya.

Sebelumnya, Redaksi Okezone juga dikunjungi oleh siswa-siswa SMK Kartikatama 1 Metro Lampung pada 17 Oktober2017. Salah satu siswa, Syaiqul Hoqzin Munggran mengaku senang bisa melakukan kunjungan ke Redaksi Okezone karena menambah pengalaman dan makin memahami soal teknologi informasi terutama teknik jaringan yang mendukung operasional media online.

Selain dari siswa SMK, Okezone juga mendapat kunjungan 120 anggota Pramuka yang mengikuti Raimuna Nasional 2017 XI pada 15 Agustus 2017. Ratusan anggota Pramuka itu berasal berbagai sekolah di Indonesia dan mengunjungi media dalam rangka wisata edukasi.

Herliani, salah satu peserta yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengaku senang bisa mempelajari hal baru. “Keren kak, seru! Bisa belajar jurnalistik juga kan, jadi dapat pengalaman, kita jadi tahu cara bagaimana membuat pemberitaan,” ungkap Herliani yang mengaku senang jurnalistik dan menulis tersebut.*

Tags: