Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Mahasiswa Hadapi Revolusi Industri 4.0

SURABAYA – Mahasiswa harus bersiap menghadapi tantangan yang semakin kompetitif di era revolusi Industri 4.0. Pasalnya, dunia profesional menuntut kecakapan dan kemampuan kerja dengan kian terintegrasinya alat-alat produksi dengan teknologi internet serta cloud computing.

Hal itu diungkapkan Kepala Biro MNC Media Jatim Ahmad Willyanto di acara kuliah umum Literasi Media dan Keuangan. Bertema Literasi Zaman Now untuk Generasi Milenial, kegiatan ini digelar di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/10/2018).

Ahmad mengungkapkan, tema tersebut diangkat untuk menyiapkan para mahasiswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Mahasiswa harus mempersiapkan diri menghadapi ini karena ke depan, tantangan semakin ketat dari sisi industri teknologi dan digital.

“Implikasinya jika tidak diantisipasi, maka human akan diganti oleh robot. Ini harus diantisipasi,” katanya saat menjadi pembicara di kuliah umum tersebut di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/10/2018).

Di sisi lain, Dosen Ilmu Komunikasi Unair Rani Suteja menambahkan, mahasiswa juga harus lebih berhati-hati dalam menerima dan mencerna suatu informasi. Apalagi, saat ini berbagai macam informasi berseliweran.

Beragam informasi dan propaganda diproduksi untuk memengaruhi opini masyarakat dan bahkan memecah belah.“Maka, sebagai pembaca, kita semua harus hati-hati. Jangan gampang percaya. Bila perlu, tidak perlu ikut menanggapi, sekalipun itu untuk memberikan klarifikasi,” kata Rani.

Sebab, imbuh dia, dengan memberi komentar atas kabar hoaks, justru akan menjadikannya viral. “Bagi pembuat kabar atau yang berkepentingan, mereka sudah berhasil. Maka diamkan saja. Toh percuma juga kita memberi klarifikasi,” katanya.

Baca juga:  Kak Seto Sambut Baik Kegiatan MNC Sky Vision dan MNC Peduli

Lebih jauh, Rani juga mengingatkan mahasiswa tentang pentingnya belajar dan melakukan pengayaan literasi dalam berbagai bidang. Karena, hanya dengan cara itu berita hoaks dan segala bentuk informasi negatif melalui media digital bisa diproteksi.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi FISIP Unair Surabaya Yayan Sakti Suryandaru mengaku senang dengan kegiatan Literasi Zaman Now yang digelar MNC Group ini karena menambah pengetahuan mahasiswa.

“Ini sebagai wujud sinergitas dunia industri broadcasting dengan kampus yang telah mengajarkan media dan komunikasi. Saya senang sekali,” ucap Yayan.

Literasi Zaman Now itu digelar dalam rangka menyambut ulang tahun ke-29 MNC Group yang jatuh pada 2 November. Kuliah umum ini digelar di 29 perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia dan sudah dilaksanakan sejak 15 Oktober sampai 26 Oktober 2018.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1