Ketik pencarian Anda

Chairman Activities MNC Media MNC Terkini

Lindungi Industri Nasional, Chairman MNC Group Dorong Pemerintah Bentuk Venture Capital Lokal

Foto : MNC Media

JAKARTA – Ekonomi digital terus berkembang pesat di berbagai belahan dunia, tak terkecuali dengan Indonesia. Salah satu tanda yang dapat terlihat yaitu, menjamurnya perusahaan rintisan (startup). Sebagian tumbuh menjadi perusahaan besar, hingga nilai valuasi lebih dari USD1 miliar atau biasa disebut perusahaan unicorn. Lebih hebatnya lagi, ada perusahaan rintisan dengan valuasi lebih dari USD10 miliar. Perusahaan ini sudah menyandang perdikat decacorn.

Namun, sangat disayangkan sebagian besar startup Indonesia, mendapatkan pendanaan dari investor asing. Meski dijalankan oleh orang Indonesia, namun mayoritas kepemilikan sahamnya justru dipegang oleh asing.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menilai, Pemerintah seharusnya bisa membentuk Venture Capital lokal untuk mewadahi pendanaan yang dapat disalurkan ke berbagai startup Indonesia. Pendanaan itu bisa berasal dari perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun individu.

“Misal 2.000 pihak, kalau rata-rata Rp10 miliar sudah terkumpul Rp20 triliun,” ujarnya dalam Manager Forum ke-41 MNC Group di iNews Tower, Jakarta, Kamis (29 Agustus 2019) kemarin.

Video : Elok Nuriyatur Rosyidah

Dengan mendapatkan pendanaan dari perusahaan dalam negeri, lanjut Chairman, maka mayoritas saham di startup lokal akan tetap dimiliki Indonesia. Berbeda dengan kondisi saat ini yang memang mayoritas suntikan dana dari asing,

Menurut Chairman, jika kondisi ini terus berlanjut, Indonesia ke depannya hanya bisa melahirkan dan membesarkan startup saja. Padahal, Indonesia memiliki bonus demografi. Di mana banyak generasi muda yang kreatif dan produktif untuk menciptakan beragam inovasi baru.

Baca juga:  Yuk, Ikut Audisi Indonesian Idol di Jakarta

“Jadi jangan sampai digital ekonomi ke depan tumbuh di Indonesia tapi mayoritas kepemilikannya oleh luar negeri. Jangan sampai seperti itu,” kata dia.