Ketik pencarian Anda

Editor's Choice MNC Media MNC Terkini

Liburan? Yuk ke 9 Spot Bagus di Blora

Foto : Mystalk

JAKARTA – Gugusan karst menambah eksotisnya Pegunungan Kendeng Utara yang ada di Blora. Kawasan ini menawarkan banyak destinasi luar biasa yang siap memanjakan mata anda saat mudik.

Bila pemudik melintasi sisi timur Jawa Tengah, silahkan mampir dan buktikan keajaiban Blora. Berikut pesona indah di balik gugusan karts Blora.

1. Goa Terawang

Goa Terawang terbentuk dari endapan kapur dengan usia lebih dari 10 Juta tahun. Dengan karakter uniknya, goa ini memiliki panjang 180 meter. Kedalamannya 5-11 meter di bawah permukaan tanah. Ada banyak stalakmit dan stalaktit indah di sana. Goa tersebut terkenal dengan keindahan cahaya mataharinya yang masuk melalui celah-celah goa yang menimbulkan efek indah. Warga setempat kerap menyebutnya sebagai malaikat yang turun dari langit.

2. Bukit Cengklik

Spot ini merupakan hasil kreativitas dari kaum milenial di sana. Mereka memoles alam Cengklik jadi lebih eksotis. Hasilnya, destinasi ini selalu ramai oleh pengunjung. Ada value ekonomi besar yang diterima oleh masyarakatnya. Kisaran inkamnya Rp1 Juta hingga Rp1,4 per hari. Untuk akhir pekan Rp2,5 Juta.

3. Bukit Pencu

Destinasi ini terkenal karena keindahan sunrisenya. Spotnya memang berada pada ketinggian. Bila para pemudik penasaran, silahkan datang ke Bukit Pencu. Lokasinya berada di Desa Gayam. Bogorejo, Blora. Bukit ini juga terkenal sebagai spot meditasi.

Baca juga:  The F Thing Gelar Workshop Street Culture dan Dunia Vlog

4. Lokomotif Wisata Cepu

Lokasinya ada di Desa Ngelo, Cepu, Blora. Destinasi ini terkenal dengan koleksi lokomotif kunonya. Sisa-sisa dari peninggalan Belanda. Beberapa lokomotif buatan Berliner Maschinnenbaun, Jerman, pada tahun 1928. Pada eranya, lokomotif itu digunakan sebagai media transportasi pengangkutan hasil hutan jati.

5. Waduk Greneng

Bila ingin menikmati wisata air, silahkan datang ke Waduk Greneng. Lokasinya ada di Dukuh Greneng, Tunjungan, Blora. Secara fisik, Waduk Greneng memiliki luasan sekitar 63 Hektar. Daya tampung debit airnya sekitar 2,3 Juta Meter Kubik. Waduk tesrebut digunakan sebagai penyuplai irigasi pertanian yang ada di sekitarnya. Total sawah yang diairi mencapai 251 Hektar.

6. Waduk Tempuran

Wisata air lain di Blora adalah Waduk Tempuran. Lokasinya berada di Tempuran, Kota Blora. Luas area ini sekitar 4.675 Hektar. Destinasi ini multifungsi. Selain irigasi pertanian, Waduk Tempuran digunakan juga sebagai lokasi budi daya ikan. Lokasinya sangat strategis dengan udara sejuk. Dan, sejauh mata memandang adalah beningnya air dan hijaunya pepohonan di sana.

7. Goa Sentono

Goa Sentono merupakan destinasi unik. Goa ini terbentuk karena campur tangan manusia. Dulunya, goa tersebut menjadi lokasi meditasi terbaik. Hal ini terlihat dari banyak relief yang ada di dinding goa. Dan, hingga kini, Goa Sentono kerap dikunjungi khususnya di malam hari. Ada banyak orang yang meditasi. Secara fisik, goa ini memiliki lebar 3 Meter dengan ketinggian 2,5 Meter. Kedalamannya sekitar 10 Meter. Secara teritorial, Goa Sentono masuk wilayah Dukuh Sentono, Mendenrejo, Kradenan, Blora.

Baca juga:  Ini dia Kontestan Yang Suaranya Mirip Banget Iwan Fals!

8. Cemoro Pitu

Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan pemudik bila berkunjung ke sana. Terkenal eksotis, pemudik bisa memproduksi konten foto dan text sebanyak mungkin untuk media sosial. Hutan itu dilengkapi ayunan pohon, rumah pohon, hammock, panggung musik, gubug teduh, hingga jembatan apung.

9. Wana Wisata Kedungpupur

Wana Wisata Kedungpupur merupakan destinasi lengkap. Permukaan tanahnya memiliki panorama yang luar biasa. Lalu, sisi dalam tanahnya menyimpan kekayaan minyak bumi dalam jumlah besar. Spot ini berada pada lokasi Desa Ledok, Sambong, Blora. Kawasannya semakin rapi usai dilakukan penataan ulang dengan penambahan beragam fasilitas pendukung. Salah satunya, kolam renang.

Selamat berkunjung ke Blora.