Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Lezat dan Sehat untuk Berbuka Puasa

Foto : Pixabay

JAKARTA – Banyak penelitian telah membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah menurunkan berat badan. Namun, manfaat sehat ini tidak serta merta diperoleh dengan cara yang instan.

Untuk mendapatkan hasilnya, Anda perlu mengonsumsi makanan serta minuman yang sehat, terutama saat berbuka puasa. Sebab, saat berbuka inilah, ada potensi untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang berlebihan.

Nah, apa saja sih menu sehat yang pas untuk berbuka puasa? Mari simak informasinya seperti dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini:

Minuman

Saat berbuka, sebaiknya Anda mengonsumsi air, susu, jus buah atau smoothie. Terutama air putih, yang dapat memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan. Anda juga bisa mengonsumsi minuman berbahan dasar susu dan buah yang memberikan Anda asupan gula dan nutrisi alami.

Hindarilah mengonsumsi banyak minuman dengan gula tambahan setelah berbuka puasa. Karena ini dapat memberikan terlalu banyak gula dan kalori.

Camilan

Jika Anda terbiasa berbuka dengan goreng-gorengan yang berminyak dan tentu penuh dengan kandungan lemak, cobalah ganti camilan itu dengan buah yang sesuai dengan Sunnah yaitu buah kurma.

Sejak zaman Nabi Muhammad, kurma adalah cara yang bagus untuk berbuka puasa karena kurma ini menyediakan gula alami untuk energi, mineral seperti kalium, zinc dan mangan yang merupakan sumber serat. Anda juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, dan kismis yang juga menyediakan serat dan nutrisi.

Baca juga:  Simak Tips Mengatasi Rasa Haus Saat Puasa

Buah-buahan

Cara tradisional untuk berbuka puasa dalam budaya Asia Selatan adalah mengonsumsi buah-buahan karena itu memberikan kandungan gula alami untuk energi, cairan, beberapa vitamin dan mineral.

Sup

Di banyak negara Arab, sup adalah cara ringan untuk berbuka puasa sekaligus dapat memberikan cairan. Sup tradisional yang berisi kaldu daging, kacang-kacangan, daj makanan bertepung seperti pasta atau biji-bijian akan menyediakan nutrisi dan energi bagi Anda setelah berpuasa selama belasan jam.

Itu lah makanan dan minuman yang bisa anda konsumsi untuk berbuka puasa. Anda suka yang mana?