Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Kunjungi Palu, Miss Indonesia Alya Nurshabrina Lakukan “Trauma Healing” Anak Korban Gempa

PALU – Bencana gempa dan tsunami yang melanda Palu serta wilayah lainnya di Sulawesi Tengah tidak hanya menimbulkan kerugian material tetapi juga mempengaruhi kesehatan mental anak-anak. Hal ini pun mendorong Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina bertolak ke lokasi bencana guna membantu proses penyembuhan trauma mereka.

Setiba di salah satu posko pengungsian, ia tak kuasa menahan air mata saat berkunjung. Di sini, Alya melakukan trauma healing atau penyembuhan trauma kepada anak-anak.

Gadis 21 tahun itu menghadirkan keceriaan dengan mengajak anak-anak menggambar, melukis dan bercerita. Hal itu dilakukan sebagai salah satu trauma healing yang efektif. Disadarinya, menghilangkan pengalaman traumatis membutuhkan kesabaran dan proses.

“Setiap anak memproses rasa ketakutan itu dengan cara yang berbeda tapi yang pasti kita sebagai orang yang lebih tua dan lebih bepengalaman, bisa menjauhkan rasa takut itu dengan cara mengingatkan anak-anak dengan hal-hal yang membuat mereka bahagia,” ujar Alya .

Ia menceritakan, saat kegiatan menggambar tadi, ada seorang anak yang menggambar pantai dan kapal. Kemudian Alya bertanya alasan mengapa si anak menggambar ini. Si anak mengakui sekarang ia sudah berani dan sudah tahu jika ada tsunami harus siap siaga.

“Anak ini sudah beda, anak ini sudah bisa memproses semuanya menjadi sebuah keberanian. Nah, anak-anak seperti itu perlu diidentifikasi secara personal seperti demikian,” sambungnya.

Baca juga:  Unggul Tipis, Status Kampiun Man City Makin Dekat

Selain memberikan trauma healing, Alya juga membagikan sembako, dan keperluan bayi. Ia mengungkapkan, di daerah bencana dibutuhkan banyak relawan yang berinteraksi langsung dengan anak-anak secara intensif untuk melihat perkembangan mereka.

“Ini adalah kesempatan bagi orang-orang Indonesia terutama pemuda Indonesia untuk menunjukkan kita bisa bersinergi, bisa bangkit dan bersatu untuk saling membantu, dan bergotong royong,” ujarnya.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1