Ketik pencarian Anda

Editor's Choice MNC Media MNC Terkini

Kulit Bebas Dehidrasi Saat Puasa, Bisa!

Foto: Pixels

JAKARTA – Selama belasan jam berpuasa saat bulan Ramadan, tak jarang membuat kulit dehidrasi karena kekurangan cairan. Apalagi jika kulit tidak mendapatkan hidrasi tambahan dengan moisturizer.

Gejala-gejala kekurangan cairan pada kulit di bulan puasa adalah jerawat, bercak kering, kulit mengelupas, dan kulit kusam. Namun, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dehidrasi ketika berpuasa.

Simak rangakaian caranya seperti dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini:

1. Minum Banyak Cairan saat Buka dan Sahur

Selama Ramadan, Anda perlu minum air sebanyak mungkin. Idealnya kira-kira dua liter per hari untuk menghindari dehidrasi kulit, terutama saat cuaca yang panas. Sebab, dehidrasi dapat menyebabkan kulit Anda terlihat lelah dan kusam. Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi jus buah alami dan teh herbal yang kaya antioksidan.

2. Menggunakan Pelembap

Melembapkan kulit Anda selama bulan Ramadan sangat penting. Anda harus memastikan untuk menggunakan krim wajah atau moisturizer dan losion tubuh yang melembapkan setelah mandi atau sebelum tidur. Jika Anda ingin keluar rumah, gunakan krim siang atau tabir surya yang mengandung SPF untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya.

3. Hindari Penggunaan Make-Up Berlebihan

Hindari memakai banyak make-up di siang hari ketika Anda sedang berpuasa seperti foundation tebal dan concealer. Hal ini karena kombinasi panas, dehidrasi, dan make-up yang berat dapat menyebabkan jerawat. Anda bisa mencoba produk yang ringan dan pelembap seperti BB cream dan lip balm dengan tambahan SPF.

Baca juga:  Waspada! BMKG Prediksi Iklim di Indonesia Kian Ekstrem

Selamat mencoba!