Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Koran Sindo Gelar Diskusi Politik Jelang Pemilu 2019

JAKARTA – Koran Sindo menggelar diskusi publik bertajuk “Konstelasi Politik Jelang Pemilu 2019 dan Prospek Alih Generasi Kepemimpinan di 2024”. Bekerja sama dengan The Political Literacy Institute, acara ini dihelat di auditorium Gedung SINDO, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/7/2018).

Hadir sebagai pembicara pakar komunikasi politik UIN Jakarta Gun Gun Heryanto, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ekonom INDEF Sri Enny Hartati, dan Pemimpin Redaksi Koran Sindo Pung Purwanto. Diskusi ini dimoderatori Manajer Produksi RCTI Latief Siregar.

Gun Gun mengungkap,tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memberi perspektif terkait dengan konstelasi politik di Indonesia terutama hubungannya dengan konstestasi elektoral. “Masyarakat bukan instrumen. Tetapi mereka punya fungsi dan peran yang substansif sebab kedaulatan ada di tangan masyarakat. Itu sebabnya konstelasi menjadi penting,” jelasnya.

Gun Gun juga mendorong tampilnya generasi baru menjadi pemimpin nasional yang transformatif guna menyongsong perubahan. Untuk itu, diperlukan komunikasi kepada generasi muda untuk lebih berpartisipasi dalam politik.

“Pada pemilu mendatang, pemilih tetap itu didominasi oleh pemilih muda terutama dari generasi Z. Itu sebabnya perlu komunikasi dengan anak-anak muda untuk memastikan kepada mereka bahwa arus perubahan itu tidak hanya di tingkat elit, tapi juga dari tingkat masyarakat akar rumput,” tambahnya.

Sementara itu, Ekonom INDEF Sri Enny Hartati menuturkan, di era millenial saat ini banyak tantangan terutama tantangan ekonomi dunia sehingga untuk menghadapi hal tersebut membutuhkan daya kreativitas dan progresifitas yang tinggi.

Baca juga:  Empat Pencipta Lagu Dangdut Semarakkan KDI 2018

“Kemampuan untuk mengimplementasikan dan mengakomodasi generasi milenial untuk mampu menangkap perubahan dunia itu bergantung pada semangat revolusioner dengan bagaimana menangkap keinginan publik,” katanya.

Pung Purwanto menambahkan, pihaknya optimistis pada pemilu tahun depan, masyarakat sudah lebih matang. Dia pun mengimbau kepada generasi muda untuk memilih dengan pertimbangan rasional bukan SARA.

Untuk itu, media massa tergerak untuk memberikan informasi yang edukatif, jelas dan valid. “Kami juga menggandeng akademisi dan partai politik untuk memberikan konten yang baik kepada generasi milenial kita yang jumlahnya mencapai 100 juta,” katanya.

Selain diskusi publik, Koran Sindo dan The Political Literacy Institute juga menandatangani memorandum of understanding (MoU) untuk membuat kanal khusus literasi politik pada pemberitaan Koran Sindo. Terakhir, acara ditutup dengan pemberian cinderamata kepada pembicara dan moderator dari The Political Literacy Institute dan sesi foto bersama.*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1