Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Kiat Tetap Sehat di Musim Penghujan

Masuk angin, meriang, kembung, flu, pilek, hingga demam. Anda pasti akrab dengan jenis gangguan kesehatan tersebut, apalagi kelimanya sering menyerang kita di musim hujan seperti sekarang ini.

Sekilas, kelimanya memang terkesan sepele dan ringan. Namun sangat mengganggu ketika kita terpapar saat beban pekerjaan menumpuk atau sedang sibuk-sibuknya di kantor.

Alih-alih berjibaku menghadapi virus dan rasa tidak enak badan ketika telanjur sakit, jauh lebih baik kita mencegahnya. Simak 6 tip sederhana dari okezone.com ini yang dirangkum dari laman Eurohealth.

  1. Sedia payung atau jas hujan

Ternyata peribahasa sedia payung sebelum hujan ini sangatlah tepat, berguna untuk melindungi Anda agar tidak kebasahan. Pakailah saat hujan tiba, jangan abaikan hal ini,  karena tubuh gampang kedinginan dan memicu penyakit. Selain itu gunakan sepatu tahan air agar tidak meresap ke tubuh.

  1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C berperan penting untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dan, untungnya bisa dengan mudah Anda dapatkan dari mana saja. Bisa dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C.

Selain itu, perbanyak makan jeruk, kiwi, nanas, melon, hingga cabai (makanan pedas). Perbanyak juga konsumsi sayur bayam, kembang kol, lobak, kentang, dan brokoli.

  1. Minuman hangat

Anda juga harus memperbanyak konsumsi minuman hangat usai kehujanan. Ada beberapa minuman yang juga menyehatkan badan, termasuk susu, teh, minuman hangat dari sari buah atau sekalipun air putih hangat. Anda yang mengonsumsi minuman ini dapat menjaga kestabilan badan agar tetap baik.

  1. Menjaga Kebersihan
Baca juga:  Ini Tanda-tanda Tubuh Alami Dehidrasi Selama Puasa

Mikroorganisme rentan tumbuh di musim hujan, maka cobalah untuk menjaga kebersihan di sekitar lingkungan Anda. Kalau tidak, Anda dapat mudah terserang flu dan penyakit infeksi lainnya.

  1. Tidak jajan sembarangan

Pastikan makanan kita adalah makanan sehat dan higienis. Lebih baik Anda membawa bekal makanan dari rumah yang sudah terjamin proses memasaknya. Tentunya lebih bergizi dan takaran bumbu disesuaikan.

  1. Minum air putih

Selama beraktivitas, jangan lupa tetap minum air putih. Cara ini membuat Anda tetap terhidrasi dan mendapatkan manfaat lainnya. Meski cuaca sejuk, tubuh Anda harus mendapatkan asupan air putih yang banyak agar tetap terjaga.*

Tags: