Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Kiat Bijak Mengelola Uang THR

JAKARTA – Menjelang Lebaran, ada satu momen yang paling ditunggu-tunggu yaitu tunjangan hari raya (THR). Umumnya, jumlah uang THR yang diberikan sebesar satu bulan gaji yang biasa diterima. Tentu jumlah ini merupakan nominal yang cukup besar untuk dapat memenuhi kebutuhan hari raya.

Tentu saja, seyogyanya, dana tersebut dapat dialokasikan untuk keperluan keluarga atau menambah bekal mudik. Di sisi lain, hati-hati pula dengan godaan untuk membelanjakannya untuk barang-barang yang kurang perlu.

Nah, untuk itu kita perlu berhitung dan mengatur strategi, termasuk mempertimbangkan masak-masak hendak dipakai untuk apa saja uang THR kita. Supaya tidak boros dan menghabiskannya hanya untuk berburu diskon midnight sale, coba ikuti tips mengelola keuangan dengan baik berikut ini.

Persiapan Lebaran
Sebelum membelanjakan uang THR, sebaiknya Anda membuat list atau daftar apa saja yang ingin dibeli untuk persiapan Lebaran. Hal demikian untuk menghindari pemborosan.

Daftar yang Anda buat bisa mulai dari baju baru untuk orangtua, keluarga, anak, diri sendiri, adik dan kakak, kemudian bahan makanan seperti daging sapi, ayam, ketupat, hingga kue-kue kering. Tak semua harus ada di meja, jadi tak perlu menghabiskan THR Anda seluruhnya untuk persiapan Lebaran.

Zakat
Sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk membayar zakat di bulan ramadan. Untuk itu, Anda harus menyisihkan uang untuk zakat agar Lebaran Anda lebih menenangkan, melegakan, dan bermakna.

Baca juga:  6 Foto Fani, Juara MasterChef Indonesia

“Amplop” untuk keponakan
Sudah menjadi tradisi di Indonesia setiap Hari Raya Lebaran memberikan uang THR untuk keponakan atau sepupu yang masih belia. Uangnya bisa Anda masukkan ke dalam amplop-amplop kecil. Anda bisa mulai dari nominal paling kecil, misal Rp10.000 hingga Rp50.000 yang disesuaikan dengan usia atau jumlah keponakan atau sepupu Anda.

Bayar Utang
Jika masih ada sisa uang untuk digunakan di luar persiapan Lebaran, coba ingat-ingat lagi, apakah Anda memiliki utang dengan teman, kerabat, atau keluarga. Dengan kelebihan uang THR, bisa Anda gunakan untuk membayar atau mencicil utang.

Menabung
Jangan lupakan yang satu ini, ketika sudah membuat daftar yang dibelanjakan dari THR Anda, jangan lupa sisihkan sisanya untuk tabungan Anda. Sebab, uang THR tidak turun setiap bulan bukan?*

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1