Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Kiat Atasi Mata Kering

Foto: Istimewa

Mata adalah jendela untuk melihat dunia. Sayangnya, kesehatan mata seringkali terabaikan. Padahal, mata termasuk lima panca indera yang penting dalam hidup manusia.

Persoalan penyakit mata yang sering terjadi sehari-sehari adalah mata kering. Jika dibiarkan, mata kering ternyata dapat berbahaya. Hal ini dibenarkan oleh dr Nina Asrini Noor, SpM, seperti dilansir Okezone pada Kamis (12/09/2019).

“Mata kering yang diabaikan bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup. Seseorang tidak dapat beraktivitas dengan optimal karena mata lelah. Menjadi bergantung pada obat-obatan,” terang dr Nina, Rabu (11/09/2019).

Mata kering juga dapat menyebabkan peradangan dan infeksi. Sebenarnya hal tersebut dapat dicegah dengan membiasakan gaya hidup sehat. “Cara yang paling mudah adalah menghindari paparan AC secara langsung dan terlalu lama, menatap monitor secara berlebihan, menatap gadget dalam durasi yang panjang dan penggunaan lensa kontak yang disesuaikan dengan instruksi dokter mata,” sambungnya.

Di samping itu, ada cara khusus untuk merawat kesehatan mata, di tengah pekatnya polusi serta gaya hidup menunduk, menatap layar ponsel terus-menerus. “Kompres dengan air hangat pada bagian kelopak mata. Selain itu mengonsumsi air dengan cukup dan menjaga kebersihan kelopak mata juga sangat penting untuk dilakukan. Apabila mata kering berlanjut, maka harus berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk menentukan treatment selanjutnya,” pungkas dr Nina.