Ketik pencarian Anda

MNC Media MNC Terkini

Kiat Anchor RCTI Untuk Atasi Hoaks

Foto: MeTube.id

JAKARTA – Peristiwa kecelakaan pesawat Lion Air nomor penerbangan JT610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober 2018 lalu, memberikan pengalaman tersendiri bagi Tommy Tjokro dan Tasya Syarief. Anchor handal RCTI itu merasakan betapa hoax begitu mudah beredar dan menimbulkan kepanikan bagi keluarga dan kerabat penumpang. Ironinya, info menyesatkan terkait tragedi yang menewaskan 189 penumpang itu, dengan cepat bercampur dengan materi berita, dan menjadi trending topic di lini massa.

Platform video sharing milik MNC Group, Metube.id bersama dua jurnalis senior RCTI, Tommy Tjokro dan Tasya Syarief melalui program “Take a Minute”, berbincang-bincang santai mengenai penyebaran dan kualitas informasi terkait jatuhnya Lion Air JT610. Dalam kasus ini, media seharusnya menjadi satu-satunya saluran untuk menyebarkan informasi akurat kepada masyarakat.

Video: meTube.id

Namun, bagai malang tak dapat ditolak, pesatnya perkembangan media sosial, menyebabkan kualitas informasi menjadi layak untuk diuji.

Agar tidak menjadi korban hoax, Tommy dan Tasya pada kesempatan khusus kepada tim produksi Metube.id, memberikan penjelasan mengenai bagaimana seharusnya kode etik jurnalistik diterapkan pada pemberitaan kecelakaan atau bencana. Terlebih, saat ini media online dan media sosial seolah adu cepat untuk menyiarkan atau  menyebarkan berita tanpa mempertimbangkan validitas informasi dari otoritas terkait. Lebih luas lagi, kiat mereka berdua dapat menjadi pedoman bagi masyarakat dalam menyaring informasi, khususnya di media sosial.

Baca juga:  Finalis Asal NTT Siap Tarung di Grand Final TVI, Malam ini

Sebagai contoh Tommy Tjokro menjelaskan, untuk kasus Lion Air JT610 sendiri, informasi yang valid adalah data-data yang berasal dari maskapai penerbangannya sendiri yakni Lion Air, dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Untuk penyebab kecelakaan juga tidak bisa disimpulkan dengan cepat.

Maka dari itu, ia berpesan kepada semua pihak agar lebih berhati-hati dalam mengumpulkan informasi sebelum disebarkan khususnya melalui media sosial, maupun aplikasi pesan instan.

“Kalau blackbox belum ketemu jangan harap kita bisa tahu penyebab kecelakaan pesawat. Investigasinya bisa memakan waktu sampai setahun,” kata Tommy.

Bila tertarik untuk mendengar penjelasan Tommy dan Tasya, silakan klik: https://www.metube.id/videos/17031356/take-a-minute-lion-air-jt-610.

Tags:
Andini Anissa

MNC Update Writer

    1