Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Ketahui 3 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Mimpi

SETIAP orang pasti pernah memiliki mimpi dalam tidurnya. Ada mimpi yang terlupakan, tapi ada pula yang diingat secara detail.

Bahkan tak jarang mimpi membuat penasaran karena munculnya wajah-wajah yang tidak familiar. Hal itu tentu membuat orang bertanya-tanya dan penasaran dengan arti mimpinya.

Menurut seorang asisten profesor psikologi di Harvard Medical School, mimpi hanyalah pikiran dalam keadaan biokimia yang berbeda dengan pikiran sehari-hari.

“Pada saat kita terbangun dari mimpi, hal-hal seperti kekhawatiran, harapan, dan fantasi tidak dapat memberikan makna pada mimpi secara definitif. Pada saat bermimpi, otak berpikir jauh lebih visual dan intuitif sehingga tidak dapat dijelaskan oleh kata-kata dan logis,” tutur Deirdre Barrett, PhD seperti yang dikutip dari Vogue, Kamis (18/1/2018).

Walaupun terkadang Anda bingung dengan arti mimpi semalam, Anda bisa menggunakan perasaan untuk memperkuat pemahamannya. Bahkan mimpi dapat lebih berguna dari yang Anda pikirkan. Berikut sejumlah manfaat mimpi yang bisa Anda rasakan:

Membuat Anda jujur dengan diri sendiri

Pada saat Anda memimpikan seseorang yang wajahnya tidak familiar, bisa jadi itu hasil dari kinerja otak yang mencari wajah dari orang-orang yang pernah Anda temui sepanjang hidup. Wajah itu bisa berasal dari orang terdekat Anda, artis yang dilihat di layar kaca, atau orang lain yang dijumpai dalam perjalanan. Saat Anda mendapati wajah seseorang dalam mimpi, bisa jadi itu ada kaitannya dengan trauma atau kesedihan masa lalu yang belum terselesaikan.

Baca juga:  Berat Badan Turun dan 4 Khasiat Ramuan Lemon-Madu Lainnya

Hal-hal semacam itu memang bisa muncul secara tidak terduga dalam mimpi. Cobalah untuk jujur dengan diri sendiri mengenai perasaan Anda saat memimpikan hal tersebut. Tanyakan apakah mimpi itu menyenangkan atau mengganggu dan bagaimana kaitannya dengan keadaan emosional Anda. Dengan berusaha jujur, maka seiring berjalannya waktu keadaan emosional Anda bisa menjadi lebih stabil dan jika memang ada masalah, Anda bisa segera mengatasinya.

Memberikan suatu tanda

Pernahkah Anda bermimpi dalam ruangan gelap dan dikejar sosok yang menakutkan? Mungkin hal itu akan membuat Anda panik dan terbangun. Kebanyakan orang memilih untuk melupakan mimpi tersebut dan menganggapnya hanya terjadi secara kebetulan.

Padahal, mimpi buruk bisa menjadi tanda seseorang membutuhkan suasana baru. Selain itu, mimpi tersebut juga menyarankan Anda untuk meninggalkan masalah, perasaan, dan orang tertentu yang membawa pengaruh negatif. Dalam tingkat yang lebih serius, mimpi buruk bisa menandakan adanya gangguan psikologis seperti skizofrenia, depresi, dan gangguan kepribadian.

Membantu mengatasi masalah

Seseorang mungkin pernah menghadapi suatu masalah dan memiliki banyak pilihan untuk menyelesaikannya. Hal itu terkadang membuat dirinya sulit menentukan jalan keluar yang harus dipilih karena merasa tidak yakin. Mimpi dapat membantu orang tersebut menyelesaikan masalah dengan menemukan jalan keluar yang terbaik. Cobalah untuk memikirkan masalah tersebut sebelum tidur dan pilihan jalan keluar.

Tags: