Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Kesepian Pengaruhi Kesehatan, Ini Gejala yang Patut Diwaspadai

Menghabiskan waktu sendiri memang kadang diperlukan. Namun jika perasaan sepi (terisolasi secara sosial) terjadi berkepanjangan, dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan seperti menganggu kesehatan mental dan fisik.

Psikologi klinis yang berbasis di Florida, Amerika, Ashley Chin mengatakan, kesepian dapat memicu banyak emosi, seperti kesedihan, kecemasan, dan perasaan takut.

“Kadang-kadang sendirian diperlukan untuk keadaan mental kita. Tetapi jika Anda terlalu terisolasi secara sosial, itu dapat berimplikasi lebih besar bagi kesehatan Anda secara keseluruhan,” ucapnya, dikutip dari iNews.id dari Bustle, akhir pekan lalu.

Kesepian, kata Chin, tak cuma berpengaruh pada kesehatan mental. Ternyata juga fisik yang saling terhubung satu sama lain. Berikut gejala fisik yang dialami mereka yang kesepian menurut para ahli, seperti dilansir dari iNews.id dari dari Bustle.

Penurunan Daya Ingat

Kesepian tak hanya mempengaruhi mental, tetapi juga kesehatan otak. Ini berkaitan dengan daya ingat. “Dalam beberapa kasus, kesepian bisa berasal dari depresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan daya ingat atau lupa telah dikaitkan dengan depresi,” kata terapis Melissa Dumaz.

Masalah Pencernaan

Salah satu gejala fisik yang dirasakan dari dampak kesepian adalah masalah pencernaan. Hal ini akan terjadi ketika rasa kesepian ini menimbulkan perasaan stres, depresi, dan gangguan kecemasan. “Ketika kita menghadapi kesulitan, tubuh biasanya juga terdampak. Perut Anda mungkin mengalami kram atau Anda mungkin bahkan mengalami beberapa gangguan pencernaan,” kata Chin.

Baca juga:  5 Inspirasi Produk Make Up Buatan Sendiri

Libido Seks Menurun

Kesepian ternyata mempengaruhi kesehatan umum dan kesehatan hubungan Anda bersama pasangan. Menurut Psychology Today, kesepian membuat Anda cenderung tidak ingin terlibat secara romantis dengan orang lain.

“Merasa stres atau terbebani dapat menyebabkan libido Anda turun. Kesepian menyebabkan berkurangnya minat seks, romansa, dan cinta,” kata psikolog klinis Dr. John Mayer.

Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk menangkal agar tubuh tak terserang virus, infeksi, dan penyakit. Namun, kesepian ternyata bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda melemah. “Studi menunjukkan hubungan kuat antara kesepian dan melemahnya sistem kekebalan tubuh,” kata Dr. Mayer.

Penelitian telah menemukan bahwa kesepian dapat menyebabkan peradangan kronis dan dapat menyebabkan kadar norepinefrin dalam tubuh meningkat. Norepinefrin inilah yang dapat mematikan fungsi kekebalan seperti pertahanan virus.

Sakit Kepala

Selain gangguan pencernaan, orang yang kesepian juga umumnya merasakan sakit kepala secara rutin. “Bahkan, dua pertiga orang yang kesepian mengalami sakit kepala sebagai akibat dari keadaan emosi yang tertekan,” kata Dr Mayer.

Ia menjelaskan, toleransi rasa sakit dapat menurun ketika rasa depresi dan emosi yang dialami dari kesepian dapat meningkatkan hal-hal seperti sakit kepala dan migrain. (iNews)

Andini Anissa

MNC Update Writer

    1