Ketik pencarian Anda

Editor's Choice

Kenali Bahaya Rendam Kantung Teh Terlalu Lama

BANYAK dari Anda yang mungkin memiliki kebiasaan setiap pagi mengonsumsi secangkir teh hangat. Sambil membaca koran atau melakukan aktivitas lainnya, teh di pagi hari memang bisa menawarkan ketenangan yang bisa membuat hari Anda menjadi lebih menyenangkan.

Untuk teh yang dikonsumsi, kebanyakan dari Anda mungkin sangat terbiasa dengan teh celup. Teh ini cukup mudah dalam pengolahannya dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menyeduhnya. Yang terpenting, hasil akhir dari teh yang ada di cangkir Anda tidak kotor.

Sebab, ketika Anda mengonsumsi teh bubuk, Anda akan mendapati kondisi cangkir teh yang banyak dipenuhi batang teh atau juga daun teh yang mengambang di dalam cangkir. Untuk beberapa orang, mungkin hal itu dianggap kurang higienis dan tidak rapi. Kecuali setelah Anda menyeduhnya, Anda langsung menyaring teh tersebut.

Nah, sekalipun teh celup menawarkan kemudahan dalam penyeduhannya, ternyata ada bahaya yang bisa mengintai bagi Anda yang doyan minum teh celup. Dikutip dari beberapa sumber, ternyata teh celup memiliki standar sendiri dalam penyeduhan.

Yang paling simple, ternyata Anda tidak boleh terlalu lama meletakkan teh celup di cangkir. Semakin lama Anda menyimpannya di sana, maka semakin berbahaya teh yang Anda minum. Kenapa begitu?

Diketahui bahwa di dalam kantung teh itu terkandung nilon yang berbahaya untuk kesehatan. Efek dari terlalu lama mencelupkan kantung teh adalah pusing dan gangguan kesehatan lainnya yang bisa membahayakan kesehatan. Kemudian, kantung teh diolah dengan zat epichlorophydrin yang mana itu cukup berbahaya bagi kekebalan tubuh manusia. Tak hanya di situ, masalah kesuburan pun mengancam Anda!

Nah, ada hal lain juga yang mesti Anda perhatikan. Saat Anda menyeduh teh celup, kadang keluar gelembung di dalam cangkir kan? Ternyata itu ada maknanya. Menurut studi, gelembung yang keluar merupakan zat karsinogen yang dapat menggangu proses biologis tubuh.

Sementara itu, ada data lain yang menyatakanbahwa mencelup kantung teh tidak boleh lebih dari 3 menit. Penyebabnya adalah kandungan zat klorin yang ada di dalam kantung teh cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Pada dasarnya klorin itu berfungsi untuk desinfektan kertas sehingga kertas akan terbebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama. Perlu Anda ketahui juga bahwa kertas yang ditambahkan klorin biasanya terlihat lebih bersih. Makanya jangan heran kalau biasanya kantung teh itu berwarna cerah.

Karena kandungan tersebut, makanya banyak ahli medis yang menyatakan bahwa mencelupkan kantung teh jangan melebihi 3 menit karena jika lebih lama, maka klorin itu akan larut dalam teh yang akan Anda minum. Dampaknya berbahaya bagi kesehatan.

(Sumber: Okezone)
Tags: